Seram Bagian Barat

Raja-raja Taniwel dan Taniwel Timur Desak DPRD SBB Sahkan Perda Negeri Adat

Demo Taniwel

SBB,Maluku- Para Raja Se-Kecamatan Taniwel dan Taniwel Timur, mendesak DPRD SBB mengesahkan Perda tentang negeri adat. Aksi itu digelar lewat Demo Damai yang berpusat di Kantor DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat, Kamis (19/12/2018).

Bertindak sebagai Koordinator Lapangan, Ketua Latupati se-Kecamatan Taniwel, Adrians Latue dan Ketua Latupati Kecamatan Taniwel Timur, Frangky H.Lumamuly.

Pendemo yang mengatasnamakan masyarakat adat 3 batang air (Tala,Eti,Sapalewa) itu mendesak DPRD SBB mengesahkan Perda Negeri Adat yang saat ini masih mengambang di DPRD SBB itu.

Demo Taniwel2

Pemuda Taniwel, Kristian Sea yang tampil sebagai orator dalam aksi itu menyampaikan mosi tidak percaya pada legislator Dapil Taniwel dan Taniwel Timur pasalnya dinilai tidak dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat Taniwel dan Taniwel Timur.

Pada kesempatan itu, para pendemo menyampaikan beberapa aspirasi dintaranya, Pemerintah Kabupaten SBB sesegera mungkin mengangkat dan melantik Raja Devenitf, Menolak Karateker atau Penjabat Raja.

DPRD SBB juga dituntut segera mengesahkan Ranperda Negeri Adat. DPRD dan Pemerintah Kab. SBB diminta tidak mengabaikan Kepentingan Rakyat.

Orasi atau Demo Damai itu berlangsung pukul 11.00.WIT hingga pukul 12.00 WIT.

Pada kesempatan itu, Pendemo disambut oleh Ketua DPRD Julius M. Rutasouw dan beberapa Anggota DPRD SBB.

Dalam audiens yang dilakukan oleh DPRD SBB dan Pendemo, mewakili lembaga Legislatif itu, Ketua DPRD SBB berjanji akan mengesahkan Ranperda yang berhubungan dengan Negeri Adat.

“ Saya akan mengevaluasi dan mengesahkan 3 Ranperda masing-masing Perda Negeri, Perda Saniri Negeri dan Ranperda tentang Desa pada bulan pertama tahun 2019, Masa Sidang pertama,” Tandas Rutasouw. (IN-14)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com