Kota Ambon

Lagi-Lagi Kota Ambon Terima Penghargaan,Kali Ini IRSA

212c32cce1d1b486cfdff774d5e76998.0

JAKARTA,INTIM NEWS – Lagi-lagi,Kota Ambon menerima penghargaan dari pemerintah pusat. Di penghujung tahun 2018 ini,yakni Indonesia Road Safety Award (IRSA) yang kali ini diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon ,sebagai salah satu finalis terbaik dalam hal penerapan program-program terkait road safety.

Informasi yang diterima INTIM NEWS, penghargaan tersebut diterima Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler atas nama Pemerintah Kota Ambon ,pada penganugerahan IRSA yang berlangsung di Hotel J.W.Marriot ,Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Acara Penganugerahan IRSA, dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi , Kepala Korps Lalu Lintas Republik Indonesia, Irjen Polisi Refdi Andri serta para Bupati dan Walikota finalis IRSA 2018.

Sekedar tahu, IRSA adalah sebuah program yang digagas oleh PT.Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), bekerja sama dengan 5 Pilar keselamatan jalan di Indonesia yang disesuaikan dengan Rancangan Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan, di antaranya Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas RI dan Kementerian Kesehatan.

Chief Executive Adira Insurance Julian Noor menjelaskan, di tahun 2018, tercatat sebanyak 137 Kota/Kabupaten yang ikut serta dalam IRSA 2018. Dari 137 peserta, terpilih 23 Kota/Kabupaten finalis IRSA 2018.

Terangnya,23 finalis terpilih berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti ,jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan dan data pendukung lainnya melalui tahap shortlisting.

0a77abd21b22c92ea1402b5eaf0160e8.0

Selain itu katanya lagi,juga dilakukan tahap observasi lapangan dan survei kepuasan pengguna jalan, terhadap 23 finalis IRSA 2018, yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengukur kualitas penerapan tata kelola keselamatan jalan, di 23 Kota/Kabupaten tersebut.

Menurut Julian Noor, pengembangan pada penyelenggaraan IRSA, terus dilakukan khususnya pada metodologi riset IRSA. Tahun ini, IRSA menambahkan salah satu atribut penilaian, yakni penerapan konsep smart city pada sistem keselamatan jalan (Smart City for Road Safety).

“Tidak hanya di jadikan sebagai salah satu atribut penilaian IRSA, Smart City for Road Safety juga dijadikan tema penganugerahan IRSA 2018 ,dengan mengangkat tema smart city for road safety, kami melihat bahwa konsep ini ,wajib diterapkan di kota dan kabupaten untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan ,dalam bidang keselamatan jalan yang cepat dan akurat,”terangnya.

Pihak Kami,harapnya, pesan dan semangat IRSA terus menular hingga seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga, pemenang IRSA dapat menjadi inspirasi dan role model bagi pemerintah Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia ,untuk dapat mengembangkan program-program keselamatan jalan dan tata kelola keselamatan jalan dengan lebih baik lagi.

Untuk diketahui, Kota Ambon menerima Penghargaan IRSA sebagai Finalis pada Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah. (MG-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com