Ekonomi

Gubernur Maluku Buka Pasar Murah Jelang Natal Tahun Baru

IMG-20181217-WA0104

AMBON,MALUKU – Gubernur Maluku, Said Assagaff, Senin (17/12/2018), membuka Pasar Murah yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku. Pasar Murah tersebut diadakan, menjelang Hari Natal 25 Desember 2018 dan Tahun Baru Tahun 2019 mulai hari ini , hingga tanggal 20 Desember mendatang.

IMG-20181217-WA0102

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, pembukaan di rancang khusus bagi masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya, bagi umat Kristen yang akan merayakan Hari Raya Natal, sehingga dengan mudah bisa memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

“Pasar Murah ini diharapkan, terjalin komunikasi dan interaksi sosial yang harmonis dalam menjalin rasa kebersamaan dan sepenanggungan, ” ungkap Gubernur di area Pasar Murah yang terlaksana di Pattimura Park,di kawasan Lapangan Merdeka,Kota Ambon.

IMG-20181217-WA0106

Dikatakannya, perhatian dan kepekaan sosial adalah terminologi yang selalu digunakan untuk, menggambarkan suatu bentuk relasi di level tertentu ,dengan tujuan membangun suatu hubungan yang harmonis, agar lebih mantap dan berkesinambungan.

Hubungan ini pun, sebut Gubernur, sering tergambar di level pemerintah dan masyarakatnya, dimana tugas pemerintah adalah ,melayani masyarakatnya agar hidupnya semakin baik dan sejahtera.

IMG-20181217-WA0100

Menurutnya, kegiatan pasar murah yang dilakukan oleh pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam menyambut hari-hari besar keagamaan.

Tema Natal tahun ini, lanjut Gubernur, “Berilah Tempat Bagi Yesus Dalam Rumahmu” (Lukas 2 Ayat 1-7), tema natal tahun ini ,sesuai dengan Visi dan Misi Pemprov Maluku dan Nawa Cita Presiden RI, dimana hidup rukun dan damai, di antara sesama umat beragama dengan tetap mengedepankan semangat hidup orang basudara ,dalam ikatan budaya lokal pela dan gandong, sebagai sistem sosial budaya masyarakat Maluku.Selain itu pula, sebagai media komunikasi, transaksi dan interaksi yang harmonis ,dalam menjalin rasa kebersamaan, persaudaraan yang rukun dan mempererat tali persaudaraan, diantara anak-anak negeri Maluku ,Sagu Salempeng Patah Dua, Potong di Kuku Rasa di Daging.

IMG-20181217-WA0094

“Inilah konsep hakikat hidup orang basudara di Maluku yang hakiki dan sejati. Maluku harus tetap menjadi rujukan model dan desain ,bagi pengembangan Laboratorium Kerukunan Antar Umat Beragama di Indonesia,” paparnya.

Di lain sisi, berkaitan dengan stok kebutuhan pokok masyarakat untuk Provinsi Maluku, bebernya, masih tersedia dalam jumlah yang cukup. Ini, lanjut Gubernur, terjadi atas kerja sama pemprov melalui Disperindag, bersama seluruh instansi teknis dan pihak swasta, yang bertanggungjawab terhadap keberadaan kebutuhan pokok masyarakat di Maluku.

“Saya berharap, koordinasi dan komunikasi ini tetap dapat berjalan dengan baik, sehingga kestabilan sistim ekonomi masyarakat di Maluku dapat terjaga,” ujarnya.

Kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat akuinya,memang tidak bisa dihindari, namun begitu kenaikan itu masih dalam batas yang wajar.

“Pemerintah Provinsi Maluku , terus berupaya agar kebutuhan masyarakat menjelang hari-hari besar keagamaan, dapat terjangkau. Salah satu strategi yang dilaksanakan adalah, kegiatan Pasar Murah yang tidak hanya dilakukan di tempat ini saja, tetapi ada juga di BTN Wayame (Desa Wayame) dan juga dilaksanakan secara mobile ,di beberapa titik di lokasi-lokasi strategis.Dengan begitu, event ini sangat membantu masyarakat sehingga ,dapat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang murah,” katanya.

Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat, agar dapat memanfaatkan momentum pasar murah ini dengan baik.

IMG-20181217-WA0095

“Belilah kebutuhan pokok secukupnya, serta tidak membeli dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat lain untuk memperolehnya,” himbau Gubernur.

Dia juga mengharapkan, semua pihak terutama para distributor, pedagang pengecer dan lainnya ,agar tidak melakukan kegiatan spekulasi tertentu, yang dapat menyebabkan terjadi lonjakan harga yang tidak wajar, yang pada akhirnya dapat merugikan masyarakat.

“Sehubungan dengan itu, kepada para distributor, stakeholder dunia usaha dan semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi aktif ,sehingga terlaksananya Pasar Murah ini,” tandasnya.

Sementara itu,Kepala Disperindag Maluku Elvis Pattiselano menyebutkan dalam laporannya,komoditi yang dijual pada kegiatan pasar murah ini antara lain,telur ayam,gula pasir,tepung terigu, minyak goreng,susu kental manis,mie instan,mentega,beras dan beberapa kebutuhan pokok lainnya.

Sedangkan,tuturnya lagi,harga kebutuhan pokok pada pasar murah ini,adalah di bawah harga distributor maupun harga eceran di pasaran.

“Pada kesempatan ini juga,perlu Saya laporkan kepada Bapak Gubernur bahwa,stok kebutuhan bahan pokok menjelang hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,tersedia dalam jumlah yang sangat cukup.Dan,distributor yang turut berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah ini sebanyak 12 distributor. Antara lain,Bulog Divre Maluku,CV.Gema Rejeki,FA.Bandil,CV.Karya Indah, PT. Bintang Sakti Semesta,Foodmart Amplas, Hypermart MCM dan ACC, PT.PPI, CV. Bahagia Baru, CV.Makmur Abadi, PT. Padimas Prima dan PT. Mitra Makmur Abadi,”ucap Elvis secara terperinci. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com