Ekonomi

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan SJK Pegawai Politeknik Ambon

IMG-20181227-WA0015

AMBON,MALUKU – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah (Kanwil) Maluku,menyerahkan Santunan Jaminan Kematian (SJK), kepada dua orang ahli waris dari Dominggus Matitaputty dan Sani. D. Salambona yang mengabdi di Politeknik Negeri Ambon,Kamis (27/12/2018).

IMG-20181227-WA0013

Penyerahan tersebut,oleh Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Maluku Elias Muin,kepada kedua ahli waris di Ruang Rektor Politeknik Negeri Ambon dan disaksikan langsung oleh Rektor Politeknik Dady Mairuhu.

“Kita menyerahkan santunan jaminan kematian,kepada 2 orang ahli waris, tenaga kerja BPJS Ketenagakerjaan yang bekerja di Politeknik Negeri Ambon. Jadi,Politeknik Negeri Ambon sebagai institusi atau lembaga pendidikan,disana juga memperkerjakan tenaga-tenaga kontrak,biasa disebut dengan honorer atau tenaga-tenaga yang bukan pegawai negeri.Meskipun institusi-institusinya pemerintah tetapi,juga memperkerjakan tenaga kerja yang non pegawai negeri,” tutur Elias Muin,usai penyerahan santunan.

IMG-20181227-WA0009

Dirinya menyebutkan,tenaga-tenaga kerja non pegawai ada security, cleaning service,disana juga ada tenaga-tenaga administrasi dan dosen-dosen yang tidak tetap,statusnya, non pegawai negeri itu juga,berhak mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Pihak Politeknik Negeri Ambon,akuinya, sudah mendaftarkan tenaga kerjanya dari tahun 2017 sekitar 36 orang.Di antara 36 orang itu,ada 2 orang yang meninggal dunia karena sakit akibat kecelakaan.Jadi ,masing-masing mendapatkan santunan Rp 24 juta.

IMG-20181227-WA0011

“Ini salah satu bukti komitmen kita dari BPJS Ketenagakerjaan,untuk membayarkan hak-hak dari peserta yang memang memenuhi syarat atau, mengalami resiko meninggal dunia sehingga,ahli warisnya berhak untuk mendapatkan santunan tersebut.Yang jelas,pihak manajemen dalam hal ini, Direktur Politeknik Negeri ,juga akan mendaftarkan seluruh pekerja yang ada disitu,termasuk dosen tidak tetap,atau dosen kontrak dan tenaga-tenaga administrasi,”ujarnya.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang, tambahnya, pekerja harus terlindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Oleh karena itu,akan dibuat kajian merujuk kepada aturan-aturan yang ada. Pasalnya, pihak Politeknik nanti akan berjanji untuk, mendaftarkan seluruh tenaga kerja ,yang belum ada perlindungan sosial tenaga kerja yang berstatus bukan pegawai negeri sipil. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com