Maluku

Beberapa Infrastruktur Untuk Kei Besar Di Kerjakan Tahun 2019

fbbb20d394cbc9ad0ea2ea701f4040a3.0

MALRA,MALUKU – Pemerintahan Thaher Hanubun-Petrus Beruatwarin dalam program visi dan misinya yakni ,pembangunan di bidang infrastruktur sarana prasarana jalan ,jembatan dan kepastian akan pasokan listrik yang mampu menjangkau seluruh wilayah di Kei besar. Selain itu, rencana pembangunan Dermaga Fery di Kecamatan Utara timur, tepatnya di Ohoi Fau, juga akan direncanakan dapat direalisasikan dalam tahun 2019 nanti.

20181229_203034

Hal ini disampaikan Bupati Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun kepada INTIM NEWS, usai mengunjungi wilayah Kei Besar Utara Timur,Kamis (27/12/2018).

Di katakan Bupati, untuk menangani masalah listrik, berbagai upaya telah dilakukan, bersama dengan pihak PLN.Selain itu, jalan dan dermaga juga segera akan dikerjakan.Namun yang paling penting adalah, kesadaran dan peran serta masyarakat , mendukung rencana pemerintah ,dalam rangka memenuhi hak – hak masyarakat itu sendiri.

“Saat ini, mesin listrik yang baru dari pihak PLN sudah ada. Jaringan listrik, hingga meteran di beberapa Ohoi sudah terpasang. Lahan untuk penempatan mesin baru pun, sudah di siapkan oleh Pemda. Kita berharap ,di tahun 2019 listrik sudah bisa menjangkau wilayah Kei Besar secara merata,”ungkapnya.

Bupati juga mengharapkan, adanya perhatian serius dari pihak PLN, terkait banyak jaringan kabel yang tidak lagi tergantung, namun sudah berserakan di atas tanah di jalur utara timur.

“Kemarin Saya jalan dan lihat sendiri, kondisi jaringan kabel listrik di sana, banyak kabel yang jatuh ke tanah, bahkan ada jaringan kabel yang sampai terputus.Untuk itu, Saya akan berkoordinasi lagi dengan PLN, agar segera di lakukan perbaikan,” katanya.

Sementara untuk ruas jalan dari Elat ke Yamtel, menjadi prioritas pertama yang akan di kerjakan tahun ini.

edcdd6a5cad123e24fbe1c061e57a9e7.0

“Tahun 2019 sudah dianggarkan, kita memprioritaskan jalan Elat-Yamtel.Karena memang, pada musim tertentu central terminal itu, berada di Ohoi Yamtel untuk wilayah utara timur. Dan target untuk jalan lintas Kei Besar Utara Timur, direncanakan dalam kurun waktu 3 tahun ke depan sudah rampung.Tetapi, kita juga harus menghitung berapa banyak jembatan yang dilewati, ini supaya pekerjaan tidak berhenti, alias setengah -setengah, disusul juga pekerjaan yang lain,”bebernya.

Selain itu menurutnya, rencana pembangunan Dermaga Fery di desa Ohoi Fau ,juga termasuk yang akan dikerjakan.Lahan sudah siap, juga sudah ada komunikasi dan kesepakatan, antara kementerian dan dinas terkait ,untuk dibangun di tahun 2019 nanti.

“Proses pembangunan yang berhubungan dengan sarana prasarana, jalan, jembatan dan listrik di Kei Besar, sudah mulai jalan di tahun 2019. Kalaupun APBD kita belum tercukupi, kami akan berupaya untuk mencari jalan lewat pemerintah pusat.Namun ,untuk jalan dan listrik dalam waktu 3 tahun ke depan, Saya yakin bisa menjawab kebutuhan masyarakat Kei Besar,”imbuhnya.(IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com