Maluku Tenggara

Wakil Bupati : Dies Natalis STIS Ke-17 Diharapkan Tingkatkan Generasi SDM Handal Di Malra

Beruatwarin
Wakil Bupati Maluku Tenggara, Ir. Petrus Beruatwarin

Malra,Maluku- Wakil Bupati Maluku Tenggara (Malra), Ir. Petrus Beruatwarin, menghadri acara Dies Natalis Ulang tahun yang ke-17 Sekolah Tinggi Ilmu Sosial (STIS) Tual yang jatuh pada Kamis,(22/11/2018). Sekolah Tinggi ini merupakan salah satu sekolah tinggi yang sudah cukup lama berkarya dan mengabdi di Maluku Tenggara.

Pada kesempatan itu atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah, Wakil Bupati mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke-17 kepada seluruh civitas akademika STIS Tual.

“Dengan bertambahnya usia perguruan tinggi STIS, diharapkan STIS Tual akan semakin dewasa, semakin matang dan semakin baik lagi, dalam aktivitasnya mendidik dan melahirkan generasi penerus yang berkualitas, guna melanjutkan estafet pembangunan di daerah ini,”ucapnya

Dikatakan Beruatwarin, dalam Undang-undang nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi, pada pasal 4 disebutkan, fungsi penyelenggaraan pendidikan tinggi antara lain, untuk meningkatkan kemampuan dan membentuk watak guna melahirkan output lulusan yang bermartabat, berbudaya, inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing dan kooperatif melalui pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi.

“Ini berarti perguruan tinggi berkewajiban dan mampu untuk melahirkan lulusan yang tidak hanya memiliki keunggulan dari sisi intelektualitas, namun juga keunggulan emosional. Yakni memiliki akhlak, moral, watak dan kepribadian yang baik. Termasuk memiliki pemahaman, serta kemampuan untuk mengamalkan nilai-nilai dalam kehidupan bermasayarakat,”Ujar Beruatwarin.

Menurut Beruatwarin, salah satu persoalan utama penghambat pembangunan adalah, kurangnya sumber daya manusia secara khusus di kalangan pemuda, pemudi, yang berkepribadian baik, serta memiliki jiwa sosial dan jiwa untuk melayani.

“Aspek pembinaan kepemudaan baik yang sifatnya formal maupun yang non formal akan terus ditingkatkan.
Agenda pembangunan yang secara umum meliputi aspek penyediaan infrastruktur, pengelolaan potensi, pengelolaan sistem dan tata kelola, serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat adalah hal yang penting dan mendesak untuk dilaksanakan, namun semua itu akan terwujud secara baik, hanya jika didukung oleh Sumber Daya Manusia yang handal dan berkualitas”imbuhnya.

Wakil Bupati juga mengingatkan, saat ini Kita sedang dilanda banyak persoalan. Salah satu diantaranya, kondisi masyarakat yang rentan terpecah belah dan merupakan ancaman bagi keutuhan dan persatuan bangsa. Juga yang berkaitan dengan, maraknya berita atau informasi Hoax yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Selain itu, dalam menyongsong Tahun 2019, dimana kita akan memasuki tahun politik Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD, kondisinya juga sangat rentan akan penyebaran informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk itu, melalui momentum Dies Natalis STIS Tual tersebut, Ia berharap Sivitas Akademika bersama dengan organisasi kemahasiswaan yang ada, untuk mampu hadir sebagai agen pembaharu dan agen pemersatu. Jadilah pribadi-pribadi yang tidak mudah terpecah belah, dan tidak mudah termakan hoax serta tidak mudah perprovokasi, untuk tetap setia menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan tempat tinggal masing-masing,”harapnya.(IN-09).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com