Agama

SMAN 3 Kota Tual Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

3667d1bebc2fa642baa56888854bb97b.0

TUAL,MALUKU – Keluarga besar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Tual, bersama Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) ,gelar kegiatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, tanggal 12 Rabiul A
wal 1440 Hijriah Tahun 2018, yang terpusat di Gedung Sekolah SMAN 3 Kota Tual, Selasa (11/12/18).

Sebagai Kepala Sekolah, Semuel Kuriake Balubun saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, melalui momentum perayaan Maulid ini diharapkan, pesan pesan serta Akhlaq Rosulullah yang mengajarkan tentang cinta kasih, kedamaian dan hal hal yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad, dapat dimaknai dan dipraktekkan baik oleh guru, siswa dalam lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

Menurut Balubun, hal ini dilakukan untuk memberikan penyegaran kerohanian, agar memperkuat karakter terhadap peserta didik sehingga mereka dapat tumbuh sebagai generasi muda yang beriman dan bertaqwa sesuai dengan agama yang dianutnya.

“Kegiatan ini ,merupakan agenda rutin tahunan baik yang berhubungan dengan agama Islam, Kristen, dan Katolik, kami fasilitasi dan kita dorong melalui OSIS, untuk mengorganisir setiap perayaan hari- hari keagamaan. Ini juga dimaksudkan, agar OSIS sebagai wadah dalam membentuk calon pemimpin masa depan peserta didik, dengan cara belajar berorganisasi sehingga, ketika melanjutkan pendidikan dan terjun ke masyarakat, mereka sudah bisa berpartisipasi aktif,”jelasnya.

Balubun mengharapkan, melalui tema, “Jadikan Semangat Maulid Untuk Berbagi Kepada Sesama, Sebagai Wujud Kepedulian Sosial Berdasarkan Sunnah Rosulullah SAW” ,dapat menggugah warga sekolah, baik guru maupun siswa/siswi, untuk terus dapat berbagi dalam hal -hal kebaikan.

ba3591ee371120719320d7a862bf9f0b.0

“Apapun potensi yang kita miliki ,dapat dibagikan untuk kebaikan bersama, sehingga akan menjadi rahmat dan saluran berkat bagi sesama warga sekolah. Baik itu ilmu, waktu, perhatian, cinta kasih untuk saling mengayomi, dapat terbina dengan baik demi suksesnya pendidikan itu sendiri,” ungkap Balubun.

Lanjut dikatakannya, melalui perayaan Maulid ini, juga dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi seni bagi peserta didik dengan menampilkan, pergelaran seni, tarian samra moderen, qasidah, sastra dan puisi.

Sementara itu ,hikmah Maulid yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tual, H. Hanafi Kasim, disebutkan, kepada dewan guru, siswa dan siswi yang memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, agar dapat memaknai maksud dan tujuan dari perayaan Maulid itu sendiri, yakni mengikuti akhlaq dan suri tauladan dari Rosulullah SAW.

Ia katakan, inti dari pada perayaan Maulid bagi generasi muda adalah, dapat mengimplementasikan akhlaq, dari sang Nabi untuk dipraktekkan baik oleh guru ,siswa dan lingkungan sekolah.

“Sebagai generasi muda emas bangsa, haruslah memiliki akhlaq yang baik, pendidikan moral sangatlah penting, karena akan membentuk karakter anak-anak kita, agar menjadi pemimpin yang taqwa, amanah, baik, jujur dan pemaaf. Karena baik dan buruknya bangsa ini ke depan, tergantung bagaimana akhlaq karakter generasi muda kita saat ini,”pungkasnya.

Kegiatan Maulid tersebut, dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tual, H.Hanafi Kasim, Kepala Sekolah Semuel Kuriake Balubun, Dewan Guru, Komite Sekolah,seluruh peserta didik dan tamu undangan lainnya.

(IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com