Ekonomi

Kunjungi Pulau Banda ,BI Maluku Salurkan Bantuan Sosial

45847207_731378420570231_8010733891079897088_n

BANDA,MALUKU –  Mengunjungi Pulau Banda,Minggu (11/11/2018) terkhusus di Banda Neira,Bank Indonesia (BI) perwakilan Maluku, menyerahkan bantuan sosial  berupa penunjang sarana dan prasarana Program Desa Wisata di Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) ,melalui Kelompok Kreatif Anak Banda, pada acara pembukaan Pesta Rakyat Banda Tahun 2018 yang dilangsungkan di Istana Mini, Kecamatan yang memiliki banyak situs sejarah tersebut.

 Informasi yang diterima INTIM NEWS,bantuan yang diberikan oleh BI Maluku melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)nya itu, dikelompokkan antara lain,untuk lingkungan, diberikan bantuan berupa kapal  motor pengangkut sampah dan sepeda motor roda tiga pengangkut sampah.

 Bantuan Sarana Wisata diantaranya, pengecatan tangga warna warni Desa Lonthoir, delapan unit sepeda wisata, tugu selamat datang di STKIP Hatta Sjahrir, baliho gambar Banda Naira di uang kertas pecahan Rp. 1.000, papan peta wisata Banda Naira .

 Untuk budaya, bantuan yang diberikan berupa satu set pakaian tari dan alat musik untuk Sanggar Manisan Banda.Kelompok  pemberdayaan ekonomi ,berupa peralatan pengolah produk Pala, 22 unit meja lapak dan tenda untuk berjualan .

 45858269_316870395814381_8901661213809704960_n

Sementara untuk pendidikan, bantuan yang diberikan berupa sarana Perpustakaan Pojok BI (BI Corner) dan perlengkapan siaran Radio Kampus STKIP Hatta Sjahrir.

 Penyerahan semua bantuan ini, diserahkan langsung oleh Kepala BI Maluku, Bambang Pramasudi.Selanjutnya,diikuti oleh  Asisten III Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Maluku  Zulkifli Anwar, Kepala Bidang Destinasi Area IV Maluku Malut Papua Papua Barat Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional 3 Wilayah Timur  Kamal Rhimosan, disaksikan oleh Ketua PKK Provinsi Maluku, Retty Assagaff kepada perwakilan penerima bantuan.

 Dalam sambutannya,Kepala BI Maluku  Bambang Pramasudi mengatakan, tujuan dari pemberian bantuan tersebut ,dalam rangka mendukung Desa wisata di Banda Neira yang merupakan salah satu kegiatan BI Maluku dalam rangka pengembangan ekonomi berkelanjutan.

 “Kepada Pemerintah Provinsi Maluku dan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, kami sampaikan terimakasih karena sudah menyelenggarakan Pesta Rakyat Banda Tahun 2018 dan semoga kami BI Maluku, bisa menjadi mitra strategis selanjutnya ,dalam pengembangan destinasi wisata dan program-program lainnya terkait dengan pariwisata di Provinsi Maluku. Terimakasih juga kami sampaikan kepada Kelompok Kreatifitas Anak Banda yang telah menjadi mitra kami, dalam kegiatan ini dan juga kepada maasyarakat Banda Neira khususnya atas partispasinya. Semoga Tuhan senantiasa meridhai kita semua bersama,guna mendorong dan mengembangkan pariwisata Kepulauan Banda,”ucapnya.

 Selain pemberian bantuan, kata Pramasudi lagi, BI Maluku juga melakukan sosialisasi mengenai ciri-ciri keaslian Uang Rupiah dan kebanksentralan serta kas keliling, untuk melayani penukaran uang bagi masyarakat.

 “Kami tadi sudah jalankan kas keliling penukaran uang lusuh ,di Pulau Ai dan Pulau Rhun dan hari ini juga akan ada di disini (Neira) untuk penukaran uang dan menarik uang lusuh,”ungkapnya. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com