Kesehatan

BKKBN Maluku Gelar Talkshow Bersama BPJS Kesehatan

45110929_248455955827343_6922848847148351488_n

AMBON,MALUKU – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Maluku, menggelar talkshow Promosi Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB dan KR) Berkualitas, dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) bidang kesehatan, bersama mitra kerja di Ambon City Center (ACC), Rabu (31/10/2018).

Rilis yang diterima INTIM NEWS,Kamis (01/11/2018) dari BPJS Kesehatan cabang Ambon dijelaskan,hadir sebagai narasumber dalam talkshow yaitu, Deputi Bidang KBKR BKKBN Dwi Listyawardani, Pelaksana tugas (Plt)  Kepala Perwakilan BKKBN Maluku Renta Rego, Kepala Bidang (Kabid)  Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Yoke Rahail dan Kabid Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Ambon Koriandri Rante Ta’dung.

Talkshow ini bertujuan untuk mewujudkan pelayanan – pelayanan KB dan KR yang berkualitas, adil dan merata, dengan memanfaatkan peluang program SJSN, meningkatkan komitmen pemangku kepentingan dan penentu kebijakan di Provinsi Maluku, terhadap program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan meningkatkan peran serta mitra kerja, dalam advokasi serta KIE KB dan KR.

Dwi menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan, baik pengambil kebijakan dan pihak-pihak yang berinteraksi langsung dilapangan seperti  Bidan, untuk dapat bersinergi meningkatan kualitas program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Mari kita sama-sama sukseskan JKN dengan seluruh sistem yang ada, saling mendukung satu dengan yang lain. Program JKN dalam SJSN ini, sungguh luar biasa manfaatnya bagi masyarakat, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ,dalam operasionalnya masih terdapat kendala disana sini. Maka dari itu, kerja sama yang baik diperlukan untuk mewujudkan sistem yang lebih baik lagi,” himbau Dwi.

Beberapa upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam meningkatkan KR adalah, dengan mengajak ibu-ibu untuk dapat melakukan pemeriksaan IVA dan Papsmear. Sedangkan untuk KB adalah ,dengan mengajak bidan-bidan untuk membuka praktek swasta yang bisa memberikan pelayanan kebidanan dan neonatal.

“BPJS Kesehatan menjamin pemeriksaan IVA dan Papsmear.Saya harap ibu-ibu peserta JKN-KIS dapat memanfaatkannya. Sedangkan untuk memperluas jaringan, kami berharap bidan-bidan dapat membuka praktek swasta ,agar bisa menjadi jejaring dari dokter keluarga dan sekaligus mitra BPJS Kesehatan yang nantinya dapat memberikan pelayanan kebidanan dan neonatal” ajak Kori pada closing statement diakhir talkshow. (IN06)

 

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top