Maluku Utara

411 Warga Ternate Terinveksi HIV, Ibu Rumah Tangga Yang Terbanyak

images (16)

Ternate,Malut– Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Provinsi Maluku Utara (Malut) mencatat, tidak kurang dari 411 orang di Ternate, telah terinfeksi Human Immunodeficiency Virus, atau HIV, sebuah virus yang menyebabkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

Dari angka ini, 69 diantaranya dari kelompok Ibu Rumah Tangga (IRT), pada urutan kedua wiraswasta 56 orang, PNS 53 orang, tidak kerja 40 orang dan karyawan 33 orang.

“Ini lima besar penderita HIV/AIDS, sedangkan sisanya waria, perempuan dan laki-laki dengan berbagai latar belakang,” ujar Direktur LSM Rorano, Asghar Saleh sebagaimana dilansir indotimur.com, Kamis (29/11/2018).

Kata dia, data menunjukan kelompok terbesar yang terinfeksi HIV di Ternate adalah IRT sebanyak 69 orang. Total kasus HIV dan AIDS hingga Oktober 2018 mencapai 411.

Wartawan senior itu menyebut, yang menjadi problem, dari angka 411 itu, yang terpapar AIDS ada 245 dan HIV baru tercatat 166. “Artinya, kebanyakan yang terlapor pada saat sudah sakit dan butuh perawatan medis, sedangkan yang masih sehat tetapi sudah terinfeksi sangat kecil” ujarnya.

Untuk itu, Asghar mengajak seluruh masyarakat tanpa kecuali untuk lakukan test secara sukarela, sebab dengan melakukan test HIV, kita akan mengetahui status seseorang.

“Jika negatif alhamdulillah, positif juga alhamdulillah, kenapa? Karena kalau sudah mengetahui statusnya positif terinfeksi maka ada dua intervensi yang bisa kita lakukan, satu memasatikan yang berangkat mengkonsumsi ARV secara teratur dan kontinyu. Kedua, memastikan yang bersangkutan tidak menularkan ke orang lain,” ungkapnya.

Asghar memastikan, seluruh identitas masyarakat yang melakukan test baik yang terpapar maupun tidak, terjamin kerahasiaannya.

“Yang mengetahui hanya yang bersangkutan dan dokter yang memeriksa, seluruh identitas dirahasiakan,” tambah Asghar.

Asghar mengajak, seluruh komponen masyarakat untuk melakukan test secara sukarela pada Tempat pemeriksaan di RSUD Chasan Busoiri, Puskesmas Sulamadaha, Siko, Puskesmas Kota di dekat Polres, Puskesmas Kalumpang, Kalumata dan Puskesmas Gambesi. (IN-01/IT)

Sumber : Indotimur.Com

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com