Kota Ambon

Walikota Ambon Terima Penghargaan WTP Dari Kemenkeu RI

45907961_372007210209603_253175054945222656_n

AMBON,MALUKU – Penyerahan piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia(RI) kepada Walikota Ambon,Richard Louhenapessy,Selasa(23/10/18) di Balai Kota,dihadapan staf ahli,para asisten, pimpinan OPD lingkup pemerintah kota Ambon,para peserta bimbingan teknis akutansi dan aplikasi persediaan lingkup pemerintah kota Ambon.

Sejak dulu dari kepemimpinan pemerintah kota Ambon,pertama kali setelah tahun anggaran 2017, pemerintah kota Ambon memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Walikota dalam sambutannya mengatakan,sungguh di yakini bahwa opini WTP merupakan prestasi yang didambakan oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia.Namun, penataan dan pengelolaan keuangan daerah yang lebih transparan,akuntabel,efektif,efisien dan ekonomis.

45801297_314911952666078_1918211039539757056_n

Lanjutnya,mengutip pendapat yang disampaikan Menteri Keuangan RI ibu Sri Mulyani,pada sambutannya dalam acara laporan keuangan kementerian lembaga dan pemerintah daerah oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), beliau menegaskan,”opini laporan keuangan wajar tanpa pengecualian (WTP) yang di terima atas laporan pemerintah kementerian/lembaga pemerintah, bukanlah capaian akhir dari wujud pelaksanaan tata kelola keuangan suatu entitas,namun opini wajar tanpa pengecualian  adalah, merupakan hasil kerja keras para institusi dan kelembagaan yang dilanjutkan dengan peningkatan pelayanan yang baik.

“Opini wajar tanpa pengecualian, setidaknya memberikan spirit dan semangat baru bagi kami pemerintah kota Ambon.Ini bukanlah akhir, melainkan menjadi pintu masuk untuk di tahun-tahun depan, bisa bekerja lebih baik lagi supaya bisa dipertahankan terus,”ungkap Walikota.

Dia meyakini,opini WTP  tidak serta merta merupakan jaminan seutuhnya bahwa tidak adanya kecurangan,pemborosan,serta praktek penyimpangan dalam pengelolaan penerimaan daerah.

“Untuk itu,Saya menghimbau kepada seluruh pimpinan SKPD dan jajaranya, agar tidak hanya cukup mengejar opini namun bekerja keras dalam menjamin tata kelola keuangan yang lebih baik serta, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat .Karena, hanya melalui peningkatan pelayanan publik yang semakin prima, akan berakses terhadap peningkatan pembangunan di kota ini,”tutupnya. (MG-01)

 

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top