Hukum & Kriminal

Tertib Lalu Lintas, Satlantas Polres Ambon Bawa Kota Ambon Raih Penghargaan IRSA

DSC_0586

Ambon,Maluku– Langkah dukungan terhadap pencanangan aksi keselamatan nasional, gencar dilakukan oleh Satuan lalu Lintas Polres P.Ambon dan Pp.Lease, dengan melakukan razia kelengkapan kendaraan bermotor di sejumlah titik-titik jalan yang ada di Kota Ambon.

Razia kelengkapan kendaraan bermotor yang dilakukan oleh Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease,adalah untuk menurunkan jumlah tingkat kecelakaan yang ada di Kota Ambon.

“ Selaku Kasat Lantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease,saya  terus gencar melakukan razia untuk mendukung pencanangan aksi keselamatan nasional. Alhamdulilah dari tahun 2016 hingga  tahun 2017, sesuai tingkat kecelakaan berdasarkan analisa dan evaluasi tiap tahunnya mengalami penurunan. Dimana tahun 2016 jumlah Laka Lantas sekitar 300 lebih,namun di tahun 2017 jumlah Laka Lantas mengalami penurunan hingga 120 dengan  capaian hampir 60 persen. Kemudian di tahun 2018 dari bulan Januari sampai bulan Oktober, kasus laka lantas sekitar 80 lebih. Yang mana ada korelasi penindakan pelanggaran dengan  tingkat kecelakaan yang sebagian besar pemicu terjadinya Laka Lantas adalah konsumsi minuman keras (Miras),” ungkap Kasat Lantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease, AKP Muhamad Bambang Suryawiharga,S.IK, kepada Wartawan,Sabtu (13/10/2018).

Perwira Polri berpangkat tiga balok emas itu,mengungkapkan, dari penurunan  kasus laka lantas dari tahun 2016,2018 hingga bulan Oktober 2018, Kota Ambon telah ditetapkan sebagai 5 Kota teramanan yang tertib dalam berlalu lintas.

“Prestasi dalam penanganan penurunan jumlah tingkat kecelakaan lalu lintas yang membuat Kota Ambon masuk dalam peringkat ke-5 Kota tertib berlalu lintas,melalui penganugerahan penghargaan IRSA 2018 (Indonesia  Road Safty Awards) yang disponsori oleh CSAR ADIRA. Mudah-mudahan di tahun depan Kota Ambon bisa masuk dalam 3 besar Kota di Indonesia yang tertib berlalu lintas,”Harapnya.

Dikatakan, untuk proses razia  yang dilakukan oleh Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease,di focuskan pada 7 prioritas pelanggaran lalu lintas diantaranya, tidak menggunakan Helm, mengendarai kendarai melawan arus lalu lintas,mengendarai kendaraan dalam kondisi mabuk atau menggunakan Hand Phone  saat berkendaraan.

“Untuk penindakan pelanggaran lalu lintas lainnya yang pernah dilakukan oleh Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease adalah dengan melakukan pemusnahan barang bukti knalpot racing sebanyak 250 dari tahun 2017 hingga tahun 2018. Dalam razia kendaraan bermotor di beberapa titik jalan di Kota Ambon,rata-rata sehari bisa didapati sekitar 50 sampai 60 pelanggaran.  Dimana razia kendaraan bermotor tersebut dilakukan oleh Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease,mulai dari hari Senin hingga hari Jumat. Sehingga total kendaraan yang berhasil terkena razia sebanyak 600 pelanggaran kendaraan bermotor,” Ucapnya. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top