Hukum & Kriminal

Polda Maluku Kerahkan Ribuan Personil, Amankan 2 Ivent Nasional di Kota Ambon

44035760_302758693877088_4838562481813061632_n

Ambon,Maluku- Pengamanan Pesta Paduan Suara Grejani (Pesparani) Katholik 1, tahun 2018 yang akan berlangsung di Kota Ambon Ambon Provinsi Maluku,akan di kawal oleh 1.300 personil Anggota Polda Maluku.

“ Untuk pengamanan Pesparani Katholik 1 tahun 2018, yang akan berlangsung di Kota Ambon, Polda Maluku mengerahkan 1.300 personil anggota untuk mengamankan ivent nasional tersebut. 1.300 personil pengamanan dari Polda Maluku tersebut akan All Out dan dibantu dengan anggota pengamanan dari TNI, agar Pesparani Katholok di Kota Ambon berjalan dengan lancar. Semua gangguan yang terjadi harus kita hilangkan dan kita cegah seperti ancaman terorisme, kejahatan-kejahatan konfensional, serta kemacetan lalu lintas akan di tangani oleh personil pengamanan dari Polda Maluku,”ungkap Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Royke Lumowa,MM, kepada Wartawan diruangan lantai 2 kantor Gubernur Maluku.

Jenderal dua bintang emas itu,mengatakan selain pengarahan personil pengamanan untuk ivent Pesparani Katholok 1 tahun 2018 di Kota Ambon, Polda Maluku juga akan menyiapkan personil pengamanan untuk pelaksanaan balap sepeda Tour The Ambon Manise, yang akan  berlangsung dari tanggal 16 November 2018 sampai tanggal 18 November 2018.

“ Balap sepeda Tour The Ambon Manise yang akan berlangsung di Kota Ambon, adalah merupakan  kegiatan penyeimbangan Pemilu yang dilakukan oleh Polda Maluku,” tutur Kapolda

Mantan Kakor Lantas Polri itu, mengatakan sebagaimana instruksi dari Kapolri, dalam menghadapi Pemilu tahun 2019, seluruh jajaran Polda yang ada di setiap daerah-daerah di Indonesia harus melakukan beberapa hal diantaranya, Coolin System, rapat-rapat sinergis, deklarasi damai dari semua lini, baik dari tingkat Provinsi,Kabupaten sampai ke tingkat Kecamatan.

“ Coolin System menghadapi Pemilu 2019 nanti adalah berkaitan dengan suhu Politik pada pesta demokrasi pasti ada konflik yang terjadi. Olehnya itu Polda Maluku diharapkan mampu menciptakan Coolin System ditengah-tengah lingkungan masyarakat, yang bersifat sosial, olahraga, sebagai bentuk penyeimbangan Polri di tengah-tengah masyarakat. Tour The Ambon Manise sebenarnya merupakan salah satu bagian dari Coolin System tadi yang akan berlangsung dari tanggal 16,17 samapi 18 November 2018,”Ucapnya

Dikatakan untuk peserta yang akan ikut dalam Tour The Ambon Manise berjumlah sekitar 400 orang diseluruh Nusantara, diataranya sekitar 330 peserta dari seluruh Indonesia dan 70 peserta dari 2 Negara Asing yang ikut sebagai peserta Tour The Ambon Manise.

“ Balap sepeda Tour The Ambon Manise disamping sebagai Coolin System, juga sebagai ajang Polda Maluku untuk memperkenalkan Pariwisati di Maluku. Para goes Tour The Ambon Manise bukan Atlit melainkan para pekerja baik dari TNI/ Polri, Wartawan, Pelajar, Pegawai Suasta, Pegawai  Bankir,” Jelasnya

Lanjut dikatakan,untuk pelaksanaan Goes Tour The Ambon Manise, Polda Maluku telah berkoordinasi dengan pihak Dinas PU Provinsi Maluku dan Balai Jalan untuk proses pengaspalan jalan. Jarak yang akan ditempuh pada Goes Tour The Ambon Manise Berjarak 90 dengan titik star dari Pantai Natsepa dan Finishnya di pelabuhan Hitu.

“Untuk itu perbaikan insfrastuktur jalan yang terkena longsong sudah di koordinasi oleh Polda Maluku ke Dinas PU Provinsi Maluku dan Balai Jalan untuk  segera pengaspalan dan di perbaiki. Selain di Kota Ambon Goes Tour The Ambon Manise ini akan berlangsung selam 2 hari di Pulau Seram, Kota Masohi, dengan melewati rute yaitu,dari Ora Beach hingga kembali di pelabuhan penyeberangan kapal Feri,di Waipirit Kairatu, Kabupaten Seram bagian Barat (SBB),”Tandasnya. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top