Maluku Tenggara

Pawai Karnaval di Malra, Songsong FPMK 3

44704548_493407077839495_6492091909719195648_n

Malra,Maluku-Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara, (Malra) melalui Dinas Pariwisata, menggelar event tahunan, Festival Pesona Meti Kei, (FPMK) lll, yang akan dibuka Bupati, Malra, Ir, Anderias Rentanubun, pada tanggal 25, Kamis besok.

“Event FPMK, lll akan digelar besok,  yang diawali dengan pawai karnaval yang dibagi menjadi dua bagian, yakni karnaval dari tiap-tiap desa, (ohoi) yang dimulai sejak pagi hingga jam 14,00 (jam 2, siang), dan dilanjutkan dengan karnaval dari Organisasi Perangkat Daerah,(OPD), BUMN, BUMD, dan instansi vertikal dari  jam, 2, siang hingga malam hari.

Ungkap Kepala Dinas Pariwisata, Roy Rahajaan, selaku ketua panitia, dalam keterangan persnya,  yang didampingi Sekretaris panitia, Muchsin Rahayaan,(Kadispora Malra) dan  Kabid pemasaran, Budy Tofy, di kantor dinas pariwisata Malra, Rabu, (24/10/2018).

Roy, mengatakan, persiapan menyambut event FPMK, telah mencapai 95 persen, dimana  pembukaannya  diawali dengan pawai karnaval  tanggal 25 besok. Selanjutnya, keesokan harinya, tanggal 26, penyisihannya lomba goyang meti kei,  dan tanggal 27, penyisihan untuk lomba tarian sawat dan tarian panah, dan finalnya nanti tanggal 28, yang dipusatkan di pantai pasir panjang.

“Pada tanggal yang sama 28, juga panitia FPMK, menyiapkan angkutan laut bagi para tamu undangan untuk  melaksanakan tour keliling  ke objek wisata, yang dibagi menjadi dua trip, yakni ke kei Besar, Desa Ad, dan Harangur,  dan ke kei kecil, guna para tamu dapat mengunjungi objek objek wisata yang tersedia,”jelasnya.

Dan puncak acara FPMK, lll tanggal 29, diadakan acara tarik tali, (wer warat) cara menangkap ikan tradisional, di desa revav, pada pagi hari, dan  bersamaan dengan itu berbagai acara suguhan seni, akan menghibur masyarakat sejak pagi hingga malam yang dipusatkan di pantai ngur bloat, pasir panjang.

44643389_2809362635756179_6241842303028166656_n

” Selain tarian masal yang diikuti ribuan peserta, para finalis, dari berbagai lomba juga akan mengisi acara seni hiburan pada puncak acara tanggal 29, nanti,”imbuhnya.

Disinggung soal tamu maupun undangan yang akan hadir di FPMK III kali ini, Roy mengungkapkan, sesuai komposisi undangan yang diedarkan Panitia dan yang telah mengonfirmasi akan hadir diantaranya Kemenko Kemaritiman RI, Kementrian Pariwisata dalam hal ini Deputi Destinasi, Irjen Kemendagri dan Komendan Lantamal Ambon.

Ditambahkan, untuk jumlah kunjungan wisatawan ke Malra saat ini sudah sangat signifikan peningkatannya dimana sejak tanggal 10 kemarin hingga kini wisatawan dari luar,  maupun dalam negri terus berdatangan di Malra.

“Untuk hotel maupun penginapan kini mulai terisi penuh oleh wisatawan yang ingin menyaksikan event FPMK III tahun 2018 ini,”ungkap Roy.

Roy menambahkan, berbeda dengan FPMK II tahun lalu, dimana lomba perahu Belan, juga diadakan, namun untuk FPMK III tahun 2018, tidak dilaksanakan dengan pertimbangan pelaksanaan lomba dayung belan akan diagendakan setiap tiga tahun sekali.

Pada kesempatan itu, Roy Rahajaan, mengajak masyarakat maluku tenggara, untuk sama-sama mendukung event FPMK, agar berjalan aman lancar dan sukses, dengan harapan kedepan Malra, menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia,” pungkasnya. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top