Maluku

Ikram Umasugi : Biaya Rp 1 Miliar Penertiban Dan Pembersihan, Berarti Prestasi

Tarik Ulur Kepentingan di Gunung Botak

AMBON,MALUKU- Informasi disediakannya biaya penertiban dan pembersihan Gunung Botak sebesar RP 1 Miliar oleh pihak pemerintah provinsi Maluku dari anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) tahun 2018, dinilai Ikram Umasugi sebagai sebuah prestasi jika berhasil.

Pasalnya, menurut Anggota Legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, PT.Buana Pratama Sejahtera (BPS) pernah lakukan hal yang sama dengan menelan biaya yang lebih besar dari satu miliar namun tak kunjung selesai.

“Satu miliar ini untuk biaya penyisiran,penertiban  dan pembersihan gunung botak itu sangat minim.Kalau memang pemerintah dan kita semua punya niat baik, untuk tingkat pembiayaan yang sedikit begini ya,Saya secara pribadi memberikan apresiasi sungguh buat semua instansi yang terlibat. Dalam hal ini,pihak keamanan, DPRD, pemerintah kabupaten maupun  provinsi. Karena, pengalamam kita, biaya penyisiran gunung botak ini, pernah dilakukan oleh pihak BPS sendiri, menelan biaya yang cukup besar namun tidak berhasil. Kemudian, satu miliar ini untuk penertiban dan pembersihan ,ini berarti prestasi,”sebut Umasugi kepada INTIM NEWS, Senin (22/10/2018) di Kantor DPRD Provinsi Maluku yang terletak di kawasan Karang Panjang, Kota Ambon.

44509152_370495987028368_86682262623485952_n

Sementara itu, hal yang hampir sama pernah dikatakan oleh Mercy Chriesty Barends tanggal 15 Oktober 2018 lalu disela-sela Diseminasi Geospasial di Santika Hotel ,Ambon.Menurutnya,informasi biaya penutupan Gunung Botak sebesar Rp 1 Miliar pun sudah diketahuinya.Dirinya mengaku, memang untuk proses penertiban dan pembersihan membutuhkan dana operasional pendukung.

“Informasi biaya satu miliar, juga Saya sudah tahu.Jadi, menutup Gunung Botak memang kan tidak bisa datang dan bicara-bicara dari jauh juga.Memang, dia butuh dana operasional pendukung, sepanjang dana itu dipergunakan secara transparan dan akuntabel. Nah, kan ada banyak sekali informasi-informasi miring, kenapa untuk tutup Gunung Botak itu, satu miliar harus dikeluarkan, sementara kerugian negara yang triliunan itu dikemanakan? kenapa daerah harus dirugikan lagi dengan mengeluarkan dana satu miliar. Tetapi prinsip Kami adalah, hari ini Gunung Botak harus ditutup, apapun caranya, menggunakan cara apapun harus dtutup,”tegas Aleg DPR RI dari PDI Perjuangan ini.

44490400_468509440322942_4562264169054732288_n

Legislator yang duduk di Komisi VII ini menambahkan,di Gunung Botak sudah terjadi kerusakan lingkungan, sudah memakan korban jiwa cukup banyak,mengganggu kehidupan sosial kemasyarakatan yang ada. Selain itu,disana mobilisasi masyarakat terlalu tinggi dan tidak terkendali. Juga,dari  sisi ekonomi ,terjadi  lonjakan ekonomi terlalu tinggi.

“Sudah sangat buruk praktek-praktek illegal mining disana.Prinsip kami, satu miliar itu  kita tidak bisa bilang tidak butuh dana,karena seluruh pihak  yang bergerak disana butuh kost juga.Saya kira,ini administrasi juga akan cukup panjang, penambang akan dikeluarkan ,pembersihan sampai dikawasan itu juga menurut Saya terpenting adalah, satu miliar itu menjamin gunung botak  ditutup.Jika sampai terjadi bahwa dari dana  yang dikeluarkan begitu banyak ini dan Gunung Botak tidak selesai-selesai juga,itu yang kita pertanyakan,”ungkap Barends.(IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top