Pendidikan

PLN Peduli Bersama TBNE, Tingkatkan Minat Baca Insan Kepulauan Kei

41554410_479987915853595_4695708996214980608_n

Tual,Maluku- Minat baca masyarakat Indonesia hingga saat ini tergolong masih rendah. Bahkan di tahun 2016, sesuai dengan yang dipaparkan sebuah riset berjudul “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara terkait dengan minat untuk membaca.

Menyikapi hal itu, pemerintah hingga banyak lembaga hingga komunitas berupaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Indonesia.

Banyak kegiatan yang dilakukan guna meningkatkan minat baca tersebut, baik melalui berbagai event, kegiatan amal, hingga mendirikan tempat seperti taman baca ataupun rumah pintar.

41500288_317052509047683_419095594414374912_n

Hal tersebut ternyata juga terdapat di Kota Tual, Pulau Kei Kecil, Provinsi Maluku. Terdapat sebuah Taman Baca yang telah berdiri selama 6 tahun bernama Taman Baca Nuhu Evav, (TBNE).

Terletak di Jalan Pemuda Kota Tual,Taman Baca Nuhu Evav hanyalah sebuah bangunan kecil semi-permanen yang berdiri di atas tanah seluas 8×10 meter. Namun siapa sangka, hingga saat ini Taman Baca Nuhu Evav tercatat telah memiliki sekitar 200 anak (mulai tingkat usia Taman Kanak-Kanak hingga SMA) yang mengikuti kegiatan belajar mengajar disana. Bahkan tidak jarang taman baca ini menorehkan prestasi yang dilakukan oleh para siswanya hingga tingkat provinsi.

Ketua TBNE, Hasan Basri Borut, bersama rekan-rekannya yang merupakan pemuda dari Kepulauan Kei yang mendirikan taman baca ini 6 tahun silam.

“Awal kami mendirikan taman baca ini yaitu berdasarkan rasa keprihatinan kami terhadap tingkat minat baca masyarakat khususnya di Kepulauan Kei yang masih rendah. Oleh karena itu kami akhirnya memutuskan untuk mendirikan taman baca ini secara swadaya”, ujar Hasan.

Hasan juga menambahkan, awalnya Taman Baca Nuhu Evav ini tidak memiliki lokasi yang permanen. Proses belajar mengajar sering berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Hingga akhirnya para pengurus taman baca pun sepakat untuk menyisihkan sebagian penghasilannya guna mendirikan dan mencari tempat yang bisa dijadikan sebagai lokasi tetap bagi taman baca tersebut.

Terdapat beberapa kegiatan yang ada di Taman Baca Nuhu Evav. Tidak hanya menyediakan berbagai buku dan literatur untuk bahan bacaan, namun di Taman Baca ini juga diadakan proses belajar mengajar dengan berbagai disipilin ilmu (meliputi bahasa inggris, public speaking, dan lain-lain) yang dilakukan oleh para relawan dari Taman Baca ini.

Para relawan tersebut pun berasal dari kalangan mahasiswa, wartawan, hingga guru yang secara sukarela meluangkan waktunya untuk memberikan ilmu kepada anak-anak di taman baca tersebut.

“Hingga saat ini kami masih terus berupaya untuk meningkatkan minat baca warga ,khususnya anak-anak dan pemuda, di Kepulauan Kei termasuk di Kota Tual melaui taman baca ini”, tambah Hasan.

Hal tersebut juga yang akhirnya membuat PLN tergerak untuk dapat memberikan bantuan kepada Taman Baca Nuhu Evav tersebut.

41409080_508854936244061_8122640384963641344_n

Melalui program PLN Peduli (CSR PLN),PLN memberikan bantuan sebesar Rp 100.000.000,guna membantu pengembangan sarana dan prasarana di taman baca tersebut meliputi renovasi bangunan taman baca serta pemberian fasilitas pendukung lain seperti komputer, rak buku, dan lain-lain.

“Awal kami menemukan taman baca ini adalah ketika pemberian sumbangan buku kepada taman bacaan/perpustakaan yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Unit PLN se-Indonesia saat Hari Kartini di tahun 2017 lalu. Melihat kondisi bangunan dari taman baca ini serta semangat dari para generasi muda pengurus dari taman baca yang sangat mulia, membuat kami tergerak untuk dapat memberikan bantuan guna mendukung proses pembelajaran yang ada disini. Alhamdulillah di tahun ini kami bisa merealisasikan hal tersebut”, ujar Manajer SDM dan Umum PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara (PLN M2U) Didi Rahmad.

Dirinya juga menambahkan, sebagai salah satu agen pembangunan, PLN tentu memiliki kewajiban untuk turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dimana salah satunya diharapkan dapat terwujud melalui pemberian bantuan ini.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada PLN atas bantuan yang telah diberikan kepada taman baca kami. Bantuan ini tentu bermanfaat bagi proses belajar mengajar disini”, ujar Hasan Basri Borut.

Bantuan ini pun mendapatkan respon positif dari Pemerintah Kota Tual. Sekretaris Daerah Kota Tual Muuti Matdoan, memberikan apresiasi kepada PLN atas bantuan yang telah diberikan.

“Ini merupakan upaya yang sangat baik dalam meningkatkan minat baca masyarakat dan kita semua harus tetap semangat untuk bersama-sama meningkatkan semangat membaca. Kini tugas kami pemerintah daerah untuk melanjutkan bantuan yang telah diberikan oleh PLN kepada taman baca ini”, pungkasnya. (IN-09).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top