Pendidikan

Peringatan Ke 57, Gerakan Pramuka Menjadi Pemersatu NKRI

41968107_307236220055728_2249132351231623168_n

AMBON,MALUKU– Kwartir Cabang Ambon (Kwarcab),Gerakan Pramuka Kota Ambon, menggelar peringatan hari Pramuka ke-57 ,tahun 2018,bertempat di Lapangan Merdeka Ambon , Selasa (18/09/2018) .

Diketahui, adapun tema hari Pramuka ke -57 tahun ini adalah ,Pramuka Perekat NKRI .Dengan tema ini,  Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengharapkan, Pramuka dapat menjadi Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang ,Gerakan Pramuka Kota Ambon, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Walikota Ambon Sharif Hadler, Louhenapessy menyampaikan ucapan selamat Hari Pramuka ke-57 kepada seluruh jajaran dan keluarga besar Gerakan Pramuka.

Disebutkan, pendidikan Kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Darma Pramuka, harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka ,sebagai pedoman sikap dan perilakunya.

“Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa, harus lebih berperan dan mendidik generasi milenial dewasa ini,” terangnya.

Selain itu kata dia, Pramuka merupakan organisasi kepanduan yang aktif mendidik dan membina dalam membangun tunas bangsa yang berkepribadian dan berkarakter, agar siap menjadi garda terdepan, dalam bidang ideoIogi negara demi NKRI

Sementara itu, Sekretaris Kota Ambon, A.G.Latuherru selaku Ketua Kwartir Cabang Ambon mengatakan, kita Pramuka berada diusia 57 tahun dan peringatan kita tahun ini,sesuai dengan tema Pramuka sebagai Perekat NKRI.

Menurutnya,ini yang terus kita bangun karena upacara atau apel besar ini, mempertemukan Pramuka dari seluruh kalangan baik, itu siaga penggalang, penegak, pandega tapi juga dari seluruh komunitas yang ada di Kota Ambon.

“Ini selalu kita buat ,agar mereka saling dipertemukan dengan satu dan yang lainnya, sebab kalau tidak, pramuka yang ada di Galunggung tidak mengenal pramuka yang ada di Kudamati.Ini terus kita bangun,seperti kegiatan kemarin yang kita lakukan, baris jalan indah ini, kita upayakan agar mereka saling dipertemukan dengan satu dan yang lainnya,”ungkapnya.

42058319_269465050357367_8875737229297713152_n

Latuheru menjelaskan bahwa, upacara ini sekaligus Saya melantik pramuka garuda.Pramuka garuda pada seluruh jenjang , mereka berhak mendapatkan. Pramuka garuda itu adalah adik-adik pramuka yang sudah menyelesaikan syarat kecakapan umum, dimasing-masing jenjang dan kemudian mereka diberikan penghargaan sebagai pramuka garuda,”ucapnya.

Dirinya menambahkan, Pramuka garuda ini sudah lama hanya saja kwarcab Ambon tidak miliki, mungkin sepuluh sampai lima belas tahun yang lalu tidak ada gerakan pramuka garuda.Untuk itu sekarang ini,kita kembangkan lagi,sehingga mereka ini bisa mengikuti kegiatan-kegiatan pramuka internasional, karena mereka sudah menguasai syarat kecakapan umum,tapi juga syarat kecakapan khusus ,bagi seorang anggota pramuka garuda itu yang diharapkan.

“Saya juga dalam tanggung jawab sebagai Ketua ,terus berupaya agar bukan cuma mereka memahami atau menguasai teori-teori tentang gerakan pramuka ,tetapi yang paling penting ,mereka bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari karena itu sasaran kita , supaya gerakan pramuka dipercayakan oleh Pemerintah ,sebagai salah satu organisasi yang melaksanakan pimpinan kader atau pembinaan karakter ,itu bisa betu-betul terwujud pada waktunya,”terangnya.

Pelantikan ini ucapnya, terdiri dari tingkat SD,Penggalang ,Penegak pramuka garuda .Untuk itu, kita terus berharap setiap tahun akan  direktrut kembali pramuka garuda dan Saya dalam program kerja kwarcab cabang kota itu ,tetap akan melantik mereka ,pada saat memperingati hari ulang tahun

“Ini merupakan tanggung jawab besar bagi Saya dan kaka-kaka pembina yang lainnya, untuk berupaya terus mengupayakan agar pramuka ini, betul menjadi wadah membina karakter bagi generasi muda,”ujarnya. (MG-01)

 

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top