Pemerintahan

Oktober Mendatang,KIA Siap Dicetak

42321929_1094490087367654_3587781882533642240_n-1

AMBON,MALUKU– Bulan Oktober mendatang menurut perkiraan,Kartu Indentitas Anak (KIA) sudah bisa dicetak.Hal ini dibenarkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diskucapil) Selly Haurissa kepada INTIM NEWS,di ruang kerjanya, Senin (24/09/2018).

Menurutnya, kendala saat ini adalah tinta yang dikirim dari pusat tidaklah sama dengan tinta yang biasanya dipakai untuk mencetak KTP.

“Hal inilah yang menyebabkan proses pencetakan sampai sekarang belum dilakukan,”ungkapnya.

Dirinya mengaku,KIA baru dicetak pada saat pencanangan saja.Oleh karena itu, pihaknya telah mengusulkan anggaran tinta yang akan yang digunakan untuk mencetak KIA, dapat segera diproses.

“Kita harus buat perubahan dulu baru bisa dibeli,karena tintanya masuk ke dalam anggaran perubahan.Memang kita prediksi mesin,dimana kita prediksi mesin cetak KIA sama dengan mesin cetak KTP,“tuturnya.

Dia melanjutkan,masalahnya adalah mesin untuk mencetak ini tidak dijual di kota Ambon.Hal inilah yang mempersulit mayarakat yang ingin datang untuk mencetak KIA.

Sampai saat ini dirinya mengaku,belum adanya data yang falid terkait dengan pencetakan KIA.Namun dari pihaknya ,sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di kota Ambon.

“Nantinya saat perubahan anggaranya sudah disetujui,barulah proses percetakan dilakukan dan di mulai dari jenjang PAUD,” tandasnya.

Haurissa berharap,semoga bulan Oktober ini sudah bisa dijalankan.Jika usulan dari pihaknya sudah masuk ke dalam anggaran perubahan,masyarakat yang nantinya akan mengurus KIA agar memper siapkan syarat-syaratnya,yakni akte kelahiran dan kartu keluarga yang benar, mengatakan benar berasal dari kota Ambon. (MG-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top