Pendidikan

MGMP IPS Se -Kabupaten Dan Kota Di Maluku Ikuti Seminar Nasional

41345266_1944936465808423_8039842958914093056_n

AMBON,MALUKU- Puluhan Guru tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTsN) yang tergabung dalam Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (MGMP-IPS) se-Kabupaten/ Kota di Provinsi Maluku, mengikuti Seminar Nasional sekaligus dikukuhkan sebagai pengurus Forum Guru IPS Seluruh Indonesia (Fogipsi),Wilayah Maluku periode 2018-2022,Sabtu (8/9/2018).

Kegiatan yang mengusung tema ” Memperkokoh Peran Guru IPS Pada Masyarakat Kepulauan Dalam Konteks Kekinian” , diapresia baik oleh  dewan pengurus pusat Fogipsi, Samuel Patra Ritiauw, mengajak  para guru IPS di wilayah Maluku,untuk tidak ketinggalan informasi.

Dirinya mengatakan, cita-cita fogipsi, tujuan utamanya, kami berjuang bersama-sama guru di provinsi Maluku ,untuk membangun pendidikan di Maluku,mengingat pendidikan di Maluku masih tergolong tertinggal .

Selain itu, setelah pelantikan,Fogipsi Maluku akan membangun di daerah-daerah,dalam hal ini guna membangun ruang komunikasi dan keselarasan, terhadap kemajuan pendidikan di Maluku, sekaligus memperjuangkan nasib guru IPS di seluruh wilayah Maluku.

Sementara itu,Kepala LPMP Provinsi Maluku,Achi Yasin mengingatkan,seluruh guru IPS tidak boleh ketinggalan apalagi, mengenai kompetensi 4 C ,dalam menyusun implementasi kurikulum 2013.

Tuturnya,mendiskusikan melalui forum ini, agar kita mendapat titik temu masalah yang dihadapi, oleh guru IPS dalam proses pembelajaran di sekolah.

 “Guru IPS tidak tertinggal oleh sebab ,terkadang anak didik lebih pintar dalam menelaah setiap pembelajaran,melalui pembelajaran digital yang kini semakin menjulang tinggi di era digital,” katanya.

Disampingnya itu,Yasin menekan,selain mengejar ketertinggalannya,komunikasi antara guru dengan siswa juga diutamakan. Hal ini dimaksudkan,agar setiap kekurangan dalam sistem pembelajaran ,dapat diminimalisir.

“Mudah-mudahan,melalui seminar kita mampu mencari hal-hal yang di persoalkan guru dan dapat mencari solusi dari masalah tersebut,”ungkapnya.

Yasin menambahkan, LPMP provinsi Maluku siap bekerja sama dengan Fogipsi,bilamana ada permintaan tenaga penatar, pihak LPMP akan langsung memeberikan.Agar supaya, ada kerjasama antara forum guru IPS seluruh Indonesia,dengan pemerintah provinsi Maluku,agar bisa bersama-sama benahi pendidikan di Maluku. (MG-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com