Politik

KPU Maluku Tunda Pelaksanaan Deklarasi Kampanye Damai

42372660_303465327136899_7493855922993758208_n

AMBON,MALUKU-Seharusnya,hari ini Minggu (23/09/2018),serentak di seluruh Indonesia menyeleng garakan deklarasi kampanye damai pemilihan umum serentak tahun 2018.

Lain halnya dengan Komisi Pemilihan Umum(KPU)provinsi Maluku,tidak terlihat tanda-tanda pelaksanaan deklarasi tersebut. Setelah dikonfirmasi oleh INTIM NEWS dari Kepala Bagian Hukum,Teknis dan Humas. Pinontoan disebutkan,untuk sementara ditunda sembari menunggu arahan dari Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun.

Pasalnya,Pinontoan mengaku,padatnya pentahapan agenda di KPU Maluku membuat efektifitas waktu terlalu terburu-buru. Apalagi menurutnya,semua komisioner berbagi tugas bersama staf sekretariat KPU adakan monitoring 11 kabupaten/kota di Maluku jadi,tenggang waktu terlalu sempit.

“Kita disampaikan oleh Pak Ketua,lewat rapat teknis itu belum jadi.Mungkin karena waktu yang terlalu sempit,karena memang seluruh komisioner didampingi staf adakan  monitoring selama beberapa hari sampai tanggal 19 September. Tanggal 20, sambung dengan agenda penetapan DCT.Sementara dalam juknis, diharuskan memakai Event Organizer (EO). Kita baru mendapat EO hari Jumat pekan lalu,sedangkan hari Minggu sudah harus pelaksanaan.EO juga belum dipakai,masih penundaan sesuai arahan ketua KPU,”akuinya.

Seharusnya,deklarasi kampanye damail pemilu serentak tahun 2019,terselenggara Hari Minggu,23 September 2018, serentak di seluruh Indonesia dengan tema “Kampanye Anti SARA dan Hoax Untuk menjadikan Pemilih Berdaulat agar  Negara Kuat”.

Undangan pun,dari  peserta pemilu yang didalamnya ada pengurus partai politik peserta pemilu tingkat provinsi,tim kampanye pasangan calon tingkat provinsi dan perseorangan DPD.

Selain itu,Bawaslu Maluku,DPRD Maluku,Gubernur/Wakil Gubernur,Forkopimda dan OPD,TNI/Polri tingkat provinsi,LSM, Ormas,Tokoh Masyarakat,Media Massa Lokal,serta simpatisan partai politik peserta pemilu.Di daerah lain,sudah diselengga rakan sesuai jadwal. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com