Maluku Tenggara

Kapolda Maluku, Kunker Ke Kota Tual Dan Malra

42656798_158234625110500_978267900760555520_n

Malra,Maluku-Kepala Kepolisian Daerah, (Kapolda) Maluku, bersama Ibu, Royke Lumowa,  didampingi  Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhammad Rum Ohoirat, dan jajaran petinggi Polda Maluku lainnya, melakukan kunjungan kerja  dengan  menggelar tatap muka bersama Muspida,Tokoh-tokoh, Pemuda,Agama,Adat,Masyarakat,Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, di aula Polres Malra. Kamis,(27/9/2018).

Pantauan, INTIM NEWS,pada pertemuan tersebut Kapolda, Irjen Pol Royke Lumowa,dalam ramah tamahnya,menyoroti peredaran minuman keras,(Miras) arak, sopi, mengingat hampir 70-80 persen permasalahan yang terjadi di Maluku disebabkan oleh minuman keras.

“Dunia Barat,mereka mengkonsumsi minuman keras, untuk menghangatkan tubuh karena disana cuacanya dingin, kalau kita di Maluku panasnya seperti ini, ditambah mengkonsumsi minuman keras, pasti lain ceritanya,”ungkap Jenderal Polri berpangkat dua bintang emas itu.

42659979_327634871129020_7436535109072715776_n

Kapolda, juga mengingatkan kepada seluruh anggota Polisi diwilayah hukum Polda Maluku, untuk tidak coba-coba mengedarkan atau mengkonsumsi Narkoba, dan Miras.

“Saya telah mengumumkan beberapa hari lalu di Polda, jika ada anggota polisi yang kedapatan mengedar, ataupun mengkonsumsi Narkoba dan miras maka itu dianggap telah melakukan pelanggaran yang paling berat, dan saya tidak segan segan mengambil tindakan tegas,”tutur Lumowa.

Dirinya menegaskan, polisi juga dilarang melakukan tindakan kekerasan, pemukulan dan penganiayaan, meskipun terhadap seseorang yang diduga penjahat, cukup diamankan dengan cara diborgol, jika terjadi perlawanan dan membahayakan anggota, dan masyarakat, maka tindakan hukumnya adalah dilumpuhkan dengan cara ditembak dibagian kaki, karena itu dibenarkan UU Internasional.

“Polisi juga dilarang melakukan, perselingkuhan, poligami, pacaran lebih dari satu bagi anggota yang masih bujangan,” Tegasnya

Mantan Kakorlantas Polri itu, juga  mengingatkan kepada Kapolres Malra,Indra Fadillah Siregar,para Kapolsek dan para perwira, yang hadir, agar melakukan pengawasan kepada setiap bawahnya.

“Dan untuk kebijakan ini, saya tidak  takut untuk tidak disukai, bahkan dibenci sekalipun, karena saya mengambil tindakan yang benar,”Tegasnya

Kepada awak media usai tatap muka tersebut Kapolda Maluku, Irjen Royke Lumowa, mengungkapkan,

“Selaku Kapolda yang baru, perlu untuk saya memperkenalkan diri, dan hari ini saya tiba untuk melihat langsung keberagaman dan hostpitaliti keramah tamahan masyarakat di kota tual dan Kabupaten Malra lebih dekat. Kami sangat membutuhkan bantuan masyarakat yang dipelopori oleh para tokoh-tokoh sentral baik tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat,pemuda dan seluruh stakeholder didaerah ini guna perlu dipupuk terus, rasa kebersamaan kedamaian dan kenyamanan. Kami pihak Kepolisian selain bertanggung jawab  terhadap kamtibmas, saya juga mendorong pemerintah, guna lebih memperhatikan sektor perikanan dan pariwisata serta sektor lainnya di Maluku, lebih khusus Kota Tual dan Malra,” Ungkapnya

42686609_1887809771301044_1025465339325972480_nDijelaskannya, untuk Polres Malra, sekalipun baru bertugas di daerah ini kita patut apresiasi kinerja Polres Malra untuk terus menjaga situasi Kambtibmas di daerah ini, sekalipun beberapa waktu terakhir ada satu dan dua peristiwa yang terjadi dan dimintakan adil dan tegas sesuai aturan yang berlaku dengan menghargai kandungan-kandungan lokal yang ada di daerah ini dalam penanganannya supaya tidak ada yang merasa dirugikan.

Dalam menghadapi Pemilu, kata Kapolda, Pemilu tidak lama lagi, saat ini sudah masuk dalam tahap kampanye yang dimulai 23 kemarin hingga 13 april tahun depan, tentu kita harus jaga sampai pemungutan suara dimana kondusifnya suatu daerah adalah salah satu syarat agar pemilu berjalan lancar.

” Pemilu kali ini adalah pemilu yang baru pertama kali dilakukan serentak satu kali pemungutan suaranya mulai dari Pilpres, Legislatif baik DPR Pusat, Provinsi, Kabupaten/kota, dan DPD sehingga sangat padat sehingga perlu ditata dengan baik dan dibantu dengan baik maka kerawanan tidak akan terjadi.Untuk Pemilu kami Kepolisian dibantu pihak TNI siap mengamankan Pemilu ini untuk berjalan dengan aman dan lancar,”pungkasnya. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com