Hukum & Kriminal

Diduga Kosleting Listrik, Kantor Stasiun Bumi Telkom Cell Maluku Nyaris Terbakar

DSC_2198

Ambon, Maluku– Diduga akibat arus pendek dai jaringan kabel listrik mesin pendingin ruangan (AC) membuat ruangan kantor panas bumi milik Telkom Cells Maluku, yang beralamat di RT 004/RW 005,Negeri Soya,Kecamatan Sirimau,Kota Ambon,nyaris dilalap api,Sabtu(1/9/2018), sekitar pukul 15.00 WIT.

Saksi Rudi Muskita, salah seorang petugas jaga,kepada INTIM NEWS, di tempat kejadian perkara (TKP), menjelaskan insiden kosleting listrik yang nyaris membakar ruangan MSC Telkom Cell Maluku tersebut, berawal ketika saksi yang saat itu berada di salah satu ruangan,sekitar pukul 15.00 WIT mencium bau bahan karet yang terbakar. Bau karet yang mulai menyengat hidung saksi, membuat saksi akhirnya keluar dan mengecek sumber bau tersebut.

DSC_2193

Saksi pun terkejut melihat adanya dua titik api yang mulai membakar jaringan kabel AC yang berada di samping kiri kantor dan percikan api diruangan batrei penyuplai aliran listrik ke stasiun satelit panas bumi milik telkom cell itu.

Melihat adanya dua titik api yang membakar jaringan listrik yang dilapisi bahan karet tersebut,membuat saksi akhirnya memberitahu petugas Security untuk menghubungi kantor induk Telkom Cell yang berada di Jl Raya Pattimura,Kota Ambon.

Mendapat laporan adanya,percikan api yang nyaris membakar,pihak Supervasior Telkom Cell langsung,menghubungi Dinas Pemadam Kabakaran (Damkar) Kota Ambon.

” Jadi sewaktu saya berada disalah satu ruangan di kantor MSC Panas Bumi Telkom Cell,sekitar pukul 15.00 WIT, saya mencium bau bahan karet yang terbakar.Saya kemudian keluar dan mengecek ternyata ada dua titik api yang berasal dari instalasi kabel listrik dari mesin AC dan batrei penyuplai aliran listrik ke stasiun satelit panas bumi. Saya kemudian memberitahukan kepada security telkomsel Feky bahwa ada kebakaran.Kami berdua kemudian segera memadamkan api dengan peralatan seadanya, sambil menghubungi kantor Telkom Cell di Jln Raya Pattimura dan petugas Damkar Kota Ambon , ” ungkap Rudi Muskita.

DSC_2195

Selain itu, Idrus Latuconsina,salah satu Teknisi Telkom Cell Maluku,kepada INTIM NEWS, menjelaskan, ruangan MSC transmisi satelit dari Telkom Cell Maluku, yang nyaris terbakar akibat arus pendek listrik,merupakan MSC satelit transmisi yang menghubungan satelit jarian telkom cell untuk Arel Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kabupaten Kepulauan Aru.

 “Sistem kerjarnya satelitnya,dari Telkom metre ke ruangan MSC Transmisi, dan diteruskan ke  Tover BSC Satelit Telkom Cell yang berada di daerah Kudamti, Kelurahan Nusaniwe, Kota Ambon, kemudian diterukan ke Satelit BSC Telkom Cell, Kota Saumlaki Kabupaten MTB dan Kota Dobo Kabupaten P.Aru,” tutur Idrus.

DSC_2199

Untuk mengecek secara pasti penyebab kebakaran,Tim Anvis Polres P.Ambo  dan Pp.Lease,bersama Bhabinkamtibmas Desa Soya Brigpol Glen,langsung memasang Police Line dan melakukan olah TKP di lokasi kantor stasiun bumi Telkom Cell.

Kapolsek Sirimau AKP Mido Y.Damanik,S.IK,yang dimintai keterangan olen INTIM NEWS,di TKP mengatakan kasus ini telah ditangani langsung oleh Polsek Sirimau. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com