Hukum & Kriminal

Polisi Ringkus Dua Pelaku Curanmor, Di Kota Ambon

DSC_1925

Ambon, Maluku– Dua pelaku pencurian sepeda motor milik warga di dua tempat kejadian perkara (TKP), di Kota Ambon berhasil diringkus Polisi.

Dua pelaku pencurian sepeda motor milik warga, di Kota Ambon yang berhasil diringkus Polisi tersebut masing-masing: Julianus Renyaan (27 tahun) dan Noverendi Pattikawa (14 tahun).

Kasat Reskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease,AKP.R.E,Adikusama,kepada Wartawan diruangan kerjanya,Jumat (3/8/2018), menjelaskan dua pelaku pencurian sepeda motor warga Kota Ambon, Julianus Renyaan (27 tahun) dan Novendri Pattikawa (14 tahun), yang berhasil ditangkap Polisi, melakukan aksi pencurian di dua lokasi berbeda di Kota Ambon.

” Untuk aksi pencurian sepeda motor  merk Vega R warna hitam, milik korban Dwi Setiono (Anggota Polri),dilakukan oleh tersangka Novendri Pattikawa, di TKP rumah korban yang berada di daerah Lembah Argo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon pada,Selasa (21/7/ 2018) pukul 02.30 WIT. Sedangkan pencurian sepeda motor metic merk Honda Beat, milik korban Muhamad Jibu Latuconsina yang dilakukan oleh tersangka Julianus Renyaan,di TKP kost-kosat Stain Amalatu, Kelurahan Kebun Cengkeh,Kecamatan Sirimau Kota Ambon, pada Jumat (3/8/2018), sekitar pukul 05.00 WIT,”ungkap perwira pertama Polri berpangkat tiga balok emas itu.

Dijelaskannya, untuk kasus pencurian sepeda motor milik korban Dwi Setiono,dilakukan oleh tersangka Novendri Pattikawa dengan cara menggunakan kunci palsu yang sudah disiapkan dari awal.

38272562_1994283497261594_279237251504799744_n

Setelah berhasil mengambil sepeda motor milik korban yang diparkir didepan rumah korban yang beralamat di Lembah Argo tersangka saat itu langsung membawa barang curiannya  menuju lokaso Pasar Minggu,Desa Passo.

” Gerak-gerik tersangka saat membawa sepeda motor curiannya ke lokasi pasar lama, Desa Passo, sempat menimbulkan kecurigaan dari dari salah seorang warga pasar lama, Desa Passo yang saat itu sedang memantau gerak-gerik dari tersangka.Curiga dengan gerak-gerik sang tersangka membuat warga pasar Minggu, Desa Passo, akhirnya menghubungi anggota Polsek Baguala untuk mengecek sepeda motor yang sedang dibawa oleh tersangka. Mendapat laporan dari warga pasar Minggu,Desa Passo, anggota Polsek Baguala yang tiba di TKP, langsung mengamankan tersangka ke Polsek Baguala. Saat diintrograsi oleh anghota Polsek Baguala,tersangka yang masih dibawah umur tersebut mengakui telah merencanakan melakukan aksi pencurian sepeda motor milik korban.Usai melakukan pemeriksaan kepada tersangka, anggota Polsek Baguala langsung membawa tersangka ke Unit II Curanmor Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease,pada Rabu (28/7/2018). Tersangka saat ini telah ditahan di rumah tahanan Mapolres P.Ambon dan Pp.Lease, dan disangkakan dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukaman maksimal 4 tahun penjara,”Ucapnya.

Lanjut dikatakan,  selain itu untuk kasus curanmor dengan tersangka Julianus Renyaan,berawal ketika tersangka yang saat itu keluar dari rumahnya yang beralamat di Keluarahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe, meminta ijin dari kakanya untuk berkunjung ke rumah salah seorang temannya berada di Stain.

Saat berada di Stain, tersangka kemudian memulai aksi pencuriannya dengan mengamat-amati sebuah sepeda motor matic merk Honda Beat warna biru putih yang terparkir di depan kost-kost Stain Amalatu.

Sepeda motor yang menjadi incarannya, terus di pantau oleh tersangka hingga, tepat pukul 05.00 WIT, kondisi kost-kosan mulai terlihat sunyi barulah tersangka melancarkan aksinya dengan mendorong sepeda motor Honda Beat ke arah jalan raya, kemudian tersangka memberhentikan sebuah mobil angkut jurusan Stain, untuk membawa sepeda motor curiannya ke sebuah bengkel yang berada di lokasi Phon Pule, Keluarahan Silale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Setelah berhasil menaikan sepeda motor curiannya dan dibawa ke bengkel motor di lokasi Phon Pule, tersangka kemudian meminta salah seorang mekanik yang bekerja dibengkel tersebut untuk membongkar rumah kunci sepeda motor untuk diganti dengan rumah kunci yang baru.

Curiga dengan gerak-gerik dari tersangka membuat sang mekanik bengkel akhirnya menghubungi anggota Unit-II Curanmor Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease.

DSC_1924

“Tersangka akhirnya dapat diringkus oleh anggota Satreskrim pada Jumat (3/8/2018)sekitar pukul 08.00 WIT dan langsung menggiring tersangka ke Mapolres P.Ambon dan Pp.Lease untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dari tangan tersangka, Polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa, 1 unit sepeda motor merk Honda Beat warna biru putih, 1 buah tas yang berisikan 1 buah obeng, 1 buah pisau, dan dua bua HP. Dari pengakuan tersangka sepeda motor curiannya itu akan diseberankan tersangka ke Kota Namle, Pulau Buru. Tersangka disangkakan dengan pasal 362 dan Pasal 363 atau pasal 55 dan 56 KUHP ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tutur mantan Kasat Reskrim Polres Seram Bagian Barat (SBB) itu.

Ditambahkannya, untuk kasus sepeda motor yang dilakukan oleh kedua tersangka  yang dilakukan secara terpisah di dua TKP berbeda di Kota Ambon, saat ini masih dalam pengembangan penyelidikan Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com