Seram Bagian Barat

Kibarkan Bendera Detik-detik Proklamasi di Kab. SBB, Semangat Itu Tetap Ada

17 Agustus

Piru,Maluku- Tepat pukul Sembilan pagi, tertanggal 17 Agustus 2018, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke 73 Tahun dengan sorotan tema Kerja Kita, Prestasi Bangsa.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Seram  Bagian Barat Drs, M. Yasin Payapo, M.Pd, Sesaat dengan iringan bunyi sirine, situasi menjadi tenang saat dengar lantunan nada sirine dan bunyi lonceng gereja dan Bendung masjid di seluruh wilayah Seram Bagian Barat ketika memasuki detik-detik proklamasi.  Suara lantang memecah saat naskah proklamasi Kemerdekaan yang dibacakan Ketua DPRD Kabupaten SBB Drs. J. Rutasouw membuktikan bahwa semangat kemerdekaan itu tetap ada di bumi Saka Mese Nusa.

Semangat itu juga ditunjukan oleh 28 pasukan paskibraka dan pasukan 45 yang menaikan bendera di pagi itu, satu langkah satu bunyi terdengar dari kejauhan memasuki halaman upacara kantor Bupati SBB, berbaris layaknya pasukan kemerdekaan  yang kembali membawah kemenangan dari medan perang. Dipimpin oleh dangki paskibraka, Letda. Inf. Rusdi Buamona lulusan secaba Reg 2016, dan up Lettu Inf. Abd. Hamid  lulusan secaba Reg 2011 mengantar pembawa baki bendera Merah Putih Suratmi Herman dari SMA Negeri 3 Kairatu dan tiga orang penggerak bendera Herisbert B Wibowo dari SMA Negeri 1 Seram Barat, Fahdi I Pattilouw dari SMA Negeri 1 Seram Barat,  Adji prasetio untuk menyelesaikan tugasnya dalam mengibarkan bendera merah putih.

Tugas yang dilakukan oleh 28 Pasukan Paskibraka dan Pasukan 45 dengan ketegangan, kehati-hatian, kekompakan, dan keberanian berhasil mendudukan posisi bendera pada ujung perhentiannya. Membuat semua peserta upacara dari unsur Anggota DPRD Kabupaten SBB, Forkopinda, Para Pejuang, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Petinggi TNI, Petinggi Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), Siswa-siswi dari tingkat Sekolah Dasar Hingga SMA yang hadir saat upacara tersebut legah, kagum dan bangga atas kerja pasukan paskibraka dan pasukan 45 yang telah melakukan tugasnya dengan baik dan sukses. Nampak juga para Pembina dan pelatih yang diberi tugas dan tanggungjawab pada tahun ini untuk mendidik pasukan paskibraka tersenyum seakan mengangkat syukur pada alam atas keberhasilan pengibaran bendera merah putih di hari kemerdekaan RI ke 73 Tahun di Bumi Saka Mese Nusa. (IN/Hum)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com