Ekonomi

Kanwil Kemenkumham Gandeng BI Maluku Gelar Pelatihan Di Lapas

BANK BI

AMBON,MALUKU- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemen kumham) Maluku, menggandeng Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Maluku menggelar Pelatihan Pertanian Kegiatan Kemandirian, Warga Binaan Pemasyarakan (WBP)  di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A di Negeri Lama,Jumat (31/08/2018).

Sambutan Kepala  KPw BI Maluku Bambang Pramasudi, yang dibacakan oleh Andy Biwado disebutkan, kegiatan di Lapas Kelas II A Ambon ini,adalah perdana yang dilakukan setelah perjanjian kerjasama antara KPw BI Maluku dengan Kanwil Kemenkumham Provinsi Maluku.Semoga kedepannya, program serupa dapat direplikasi di lembaga pemasyarakatan lainnya.

Tutur Pramasudi dalam sambutan itu, sebagai otoritas moneter, KPw BI Maluku mempunyai andil dalam menjaga stabilitas perekonomian di provinsi Maluku. Melalui analisis ekonomi, BI bersama pemerintah daerah berupaya menjaga kestabilan nilai Rupiah terhadap barang dan jasa, sehingga kesejahteraan masyarakat tetap terjaga.

“KPw BI Maluku juga mempunyai tugas sebagai advisor pemerintah dalam pengembangan ekonomi dengan melakukan proyeksi terhadap sektor-sektor potensial dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor-sektor yang dirasa mampu berkontribusi pada pengembangan ekonomi di provinsi Maluku, “tuturnya.

Menurutnya, salah satu hal yang selalu kami lakukan adalah memastikan jumlah pasokan pangan yang beredar mencukupi kebutuhan masyarakat. Melalui koordinasi secara terus menerus dengan pemerintah, kami mengimplementasikan program pengembangan bagi masyarakat khususnya petani, untuk dapat meningkatkan kapasitas dan produktivitas.

“Dalam program yang kita resmikan hari ini, kami telah menghadirkan praktisi yang ahli dalam bidangnya, untuk dapat membimbing kita semua mempelajari teknik bertanam cabai,terong dan sayuran hijau. Ketiga komoditas tersebut,merupakan penyumbang inflasi tertinggi pada triwulan II, sehingga kami berharap dengan adanya program ini,dapat membantu menekan tingkat inflasi di masyarakat,agar harga dapat kembali stabil,”harapnya.

Kegiatan peningkatan kapasitas ini ,akan meliputi perencanaan, pelaksanaan, monitoring hingga evaluasi. Setelah pelatihan hari ini, Bapak dan Ibu sekalian mendapatkan pendampingan dari petani binaan kami secara langsung, untuk memastikan perawatan dan pengendalian hama atau penyakit tanaman, berjalan dengan baik.

“Kesempatan yang baik ini, merupakan peluang pengembangan diri yang harus dimanfaatkan dengan baik. Selain bermanfaat untuk diri sendiri,Bapak dan Ibu juga akan menjadi pahlawan bagi masyarakat dengan turut menjaga inflasi di Kota Ambon,” tutupnya.

Sekedar tahu, kegiatan pelatihan ini, dihadiri dan dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Maluku Tholib, didampingi oleh Kepala Lapas Kelas II A Ambon. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top