Internasional

WALIKOTA AMBON BUKA KWAKU SUMMER FESTIVAL INTERNASIONAL 2018 

pertemuan walikota Ambon dengan masyarakat Maluku

AMSTERDAM,BELANDA- Walikota Ambon Richard Louhenapessy dijadwalkan hari ini  jam.15.15 (waktu Belanda) akan membuka Kwaku Summer Festival Internasional 2018 di Taman Nelson Mandela Amsterdam. Kwaku Summer Festival Internasional merupakan Festival Budaya terbesar di Belanda yang dikhususkan bagi masyarakat belanda pendatang, guna mempromosikan seni budayanya bagi masyarakat belanda khususnya dan masyarakat Eropa pada umumnya. Hal itu guna mempererat tali persaudaraan dan komunikasi sosial antar masyarakat.

Event ini dilaksanakan setiap musim panas dan sudah berlangsung selama 70 Tahun di Kota Amsterdam. Tahun 2018  ini, adalah Tahun Ke-3 Masyarakat Maluku di Belanda terlibat pada acara dimaksud dan dipercayakan sebagai Penyelenggaranya.

Ketua Panitia Penyelenggara Kwaku Summer Festival Internasional Ambonwhena Aratuaman mengatakan, Tahun ini adalah Tahun Ke-3 Masyarakat Maluku di Belanda dipercayakan sebagai Penyelenggara event bergengsi dimaksud.

Lewat Event ini diharapkan masyarakat maluku dan eropa semakin mengenal budaya Maluku dan tertarik untuk mengunjungi tanah Maluku khususnya kota Ambon, untuk menyaksikan sendiri seni, budaya dan keindahan alam Maluku.

Menurutnya, Festival ini dihadiri bukan saja oleh masyarakat Maluku di Belanda tetapi masyarakat Suriname, Afrika Selatan, Caribbean, China, India, namun tetap didominasi oleh masyarakat asli Belanda dan Eropa, dengan latar belakang berbeda-beda seperti pejabat pemerintah, pengusaha, traveler, pecinta seni, politisi maupun masyarakat biasa, yang semuanya berbaur tanpa memandang perbedaan status sosial guna menikmati lantunan musik, seni dan budaya yang ditampilkan.

Dijelaskannya, kesuksesan tahun ini tentunya tidak terlepas dari kesuksesan penyelenggaraan di Tahun 2016 dan 2017.  Sementara itu, Ketua Koordinator Masyarakat Maluku di Amsterdam Agoes Peilouw mengatakan, di tahun 2016 peserta yang hadir kurang lebih 15.000 orang, sedangkan di tahun 2017 sebanyak 21.000 orang. Diperkirakan di tahun 2018 ini jumlah peserta yang hadir akan semakin meningkat antara 25.000 sampai dengan 30.000 orang.

Hal ini tidak terlepas dari kesediaan Walikota Ambon untuk hadir secara langsung dan membuka Festival dimaksud. Karena itu Masyarakat Maluku di Belanda mengucapkan terima kasih, dan merasa bangga atas kehadiran Walikota Ambon dan Tim Kesenian di Amsterdam guna mensukseskan acara itu.

Untuk diketahui Walikota Ambon didampingi Plt.Kadis Kominfo dan Persandian Drs.Joy Adriaansz, M.Si, Kabid Ekraf Disparbud Dra.Selly Kalahatu dan Perwakilan Tim Kesenian Kota Ambon.

Acara itu juga akan dimeriahi oleh beberapa artis berdarah Maluku yang telah mendunia diantaranya Chelina Manuhuttu, Polawano, Vinchenzo, The Brothers Timisela, Oceanikz, Jaira Luhulima, DJ Jean dan Jaydee. (Mg-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com