Internasional

Pengunjung Semaraki Kwaku Summer Festival Internasional  

Ambon Sumer Festival

AMSTERDAM,BELANDA – Puluhan ribu pengunjung dari berbagai negara memadati Taman Nelson Mandela – Amsterdam-Belanda guna menghadiri pembukaan Kwaku Summer Festival Internasional 2018, pada Sabtu lalu.

Panitia penyelenggara melalui Ketua panitianya Ambonwhena Aratuaman mengatakan, total pengunjung sampai dengan tengah hari, diluar ekspetasi dan telah mencapai lebih dari 50 ribu orang dan jumlahnya semakin bertambah. Diberbagai zona dipenuhi oleh ribuan pengunjung yang memadati taman seluas 54 hektar.

Menurutnya, Festival Kwaku tahun 2018 merupakan penyelenggaraan yang paling sukses sejak dilaksanakan 70 tahun yang lalu. Walikota Ambon Richard Louhenapessy didampingi Ibu Debby Louhenapessy dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua panitia penyelenggara Kwaku Summer Festival Internasional 2018 Ambonwhena Aratuaman, ketua koordinator masyarakat maluku di amsterdam Agoes Peilouw dan Angelo Manuhutu, yang telah turut mendukung Pemerintah Kota Ambon dalam mempromosikan seni, budaya dan potensi kota Ambon pada event ini.

Ambon Summer Festival2

Walikota selanjutnya mengajak seluruh peserta yang hadir jika ingin lebih mengenal Maluku dan kota Ambon lebih dekat, diharapkan dapat mengunjungi Kota Ambon pada Event Visit Ambon 2020. Pada festival dimaksud, perwakilan Tim Kesenian Kota Ambon tampil pada dua sesi yang meliputi pentas seni budaya outdoor dan indoor.

 Pada sesi pertama, Group Musik Amboina Voice (Selly Kalahatu, Giofandro Louhenapessy dan Margie Sipahelut) secara berturut-turut membawakan lagu Aniong Mama, Sinamania, Sio Mama diiringi Tarian, Musik Tradisional Tifa Totobuang dan Teatrikal persembahan Taman Budaya Provinsi Maluku. Sementara di sesi kedua, Amboina Voice membawakan lagu Toma, Papaceda dan Maluku Tanah Pusaka serta tarian Tifa Mungare. Penampilan di Sesi Kedua diakhiri dengan Goyang Tobelo dan Poco-poco.

Penampilan Tim Kesenian Kota Ambon ternyata berhasil memukau para pengunjung festival Kwaku dan menyemarakan suasana. Hal ini terlihat dari antuasiasme dan keikutsertaan pengunjung menyanyikan lantunan lagu yang dibawakan oleh Amboina Voice.

Ketua Koordinator Masyarakat Maluku di Amsterdam Agoes Peilouw menyampaikan apresiasi yang mendalam atas partisipasi Tim Kesenian Kota Ambon yang telah hadir dan mensukseskan festival dimaksud. Ia berharap event ini dapat dimanfaatkan dimasa mendatang, sebagai ajang mempromosikan pariwisata kota Ambon di tingkat internasional, sehingga kota Ambon semakin dikenal, dikunjungi dan dicintai masyarakat dunia. (Mg-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com