Pemerintahan

Pengumpulan Data BPS Maluku Terkendala Alat IT

37791091_2094401074155628_8340849578576183296_n

AMBON,MALUKU– Kepala Badan Pusat Statistik (BPS)  Provinsi Maluku,Dumangar Hutauruk mengungkapkan, sebenarnya nama kendala itu pasti  ada.Kalau tidak ada kendala ,kita kerja terlalu nyaman .

“Kendala kami,sifat pengumpulan atau penyampaian data , harus  secara online.Masalahnya, jaringan kita yang kurang bagus. Tetapi,bukan seterusnya,kita belum bisa menyediakan alat untuk Informasi Teknologi (IT).Itu permasalahan yang timbul yakni alat IT nya,”ungkap Hutauruk kepada awak media, disela-sela kegiatan Rapat Evaluasi Kegiatan Semester I tahun 2018, BPSse-provinsi Maluku,yang terselenggara di The Natsepa Hotel And Conference yang letaknya di kawasan Negeri Suli,Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng),Kamis (26/7/2018)

37823604_2094400997488969_3959501320498446336_n

Dirinya menuturkan,proses pengumpulan data yang sekarang ini,BPS Maluku kadang-kadang pakai gadget,untuk menentukan kordinat pemanfaatan IT,agar terukur dan berkualitas datanya . Didalam pengumpulan sampai ke tingkat dokumen dari daerah ,sampai ke provinsi,juga sudah mempunyai segmen ,itu semuanya dari  pemanfaatan IT kita.

Namun, sisi baiknya, untuk pengembangan IT sendiri dengan programnya BPS,kita selalu diminta untuk memanfaatkan IT yang ada,dalam memperpendek atau mempercepat proses pendataan. Jadi, sudah diberikan beberapa macam sistem,aplikasi yang kita manfaatkan.

Kondisi saat ini tuturnya lagi ,apa yang sudah kita lakukan dan apa yang belum ,kenapa  belum.Kalau misalnya ada masalah , kami di BPS ,permasalahan  soal pengumpulan data.Jadi, permasalahan yang muncul itu kenapa,realisasi masukan dukungan misalnya tidak maksimal.

“Kendalanya, pertama adalah, bisa saja pertama kita lihat dari diri sendiri,apakah petugas kita yang uring-uringan,atau tidak.Kedua,kita melihat dari orang lain.Kalau respondennya tidak bisa memberikan waktu atau peluang untuk memberikan data yang benar,itu kan menjadi kendala bagi kita.Kemudian kendala lain diluar dugaan kita misalnya cuaca,iklim,atau ombak besar,itu juga kendala yang harus kita selesaikan bersama, bagaimana caranya,”jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Anton Sihaloho yang membacakan sambutan Gubernur Maluku,sangat mengapresiasi seluruh jajaran BPS se-provinsi Maluku,yang memiliki budaya kerja yang patut dicontoh atau menjadi role model di Maluku. Dalam hal disiplin waktu, memulai kegiatan  tepat pukul 08.00 wit acara dimulai, sangat- sangat salut Saya kepada BPS.

” Menjadi kebanggaan juga ,bahwa BPS Provinsi Maluku selalu menjadi mitra yang solid dengan pemerintah daerah Maluku , sehingga kerjasama yang terjalin pun sangat baik,”tukas Sihaloho sembari berpesan,agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan diharapkan, melalui rapat evaluasi ini, menghasilkan komitmen bersama ,dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan perstatistikan di Maluku, untuk menghasilkan data statistik yang berkualitas .

Sekedar tahu,agenda evaluasi ini,berlangsung selama tiga hari,dari tanggal 26-28 Juli 2018. Direncanakan,saat penutupan nantinya oleh Kepala BPS RI Kecuk Suharyanto, besok malam (27/07/2018).Selanjutnya dihari terakhir acara bebas. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com