Hukum & Kriminal

Berantas Narkoba, Rumah Bandar Narkoba Disita BNNP Maluku

ILUSTRASI NARKOBA

Ambon, Maluku- Tindakan pemberantasan narkotika di Maluku terus dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku, bersama jajaran Kepolisian yang berhasil mengamankan 75 pelaku penggunaan narkoba di Maluku.

” Untuk penangan kasus penyalahgunaan narkotika di Maluku, tercatat sudah 75 pelaku pengunaan narkotika yang berhasil diungkap oleh BNNP Maluku dan Kepolisian Maluku. Untuk pelaku penyalahgunaan narkotika yang ditangani oleh BNNP Maluku sebanyak 6 orang yang rata-rata sebagai pemakai narkoba dan satu bandar narkoba yaitu, Gerald Tomatala yang kini ditahan di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas II (2) Ambon,” tutur Kepala BNNP Maluku, Brigjen Drs Rusno Prihardito, kepada Wartawan di ruangan kerjanya, Kamis (5/7/2018).

Jenderal Polri berpangkat satu bintang emas itu, mengungkapkan untuk penuntasan kasus narkotika yang dilakukan oleh bandar Narkoba, Gerald Tomatala, pihak BNNP Maluku saat ini tengah dalam perampungan beberapa dokumen terkait dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU), yang dijerat oleh BNNP Maluku kepada sang bandar narkoba.

DSC_0315

” Untuk kasus TPPU, yang disangkakan kepada bandar Narkoba,Gerald Tomatala, penyidik BNNP Maluku secara bertahap telah melengkapi sejumlah dokumen pemeriksaan saksi seperti dokumen pemeriksaan saksi dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan RI (PPATK),dokumen pemeriksaan saksi dari Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri, pemeriksaan saksi dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) Provinsi Maluku dan berkas penyelidikan yang dikirimkan oleh BNNP Maluku ke penyidik Kejaksaan Tinggi Maluku,” ungkap Pejabat Tinggi (Pati) Polri itu.

Dikatakan, untuk proses penyitaan rumah milik Gerald Tomatala, pihak BNNP Maluku telah menerima surat penyitaan dari juru sita Pengadilan Negeri Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

” Rencananya tanggal 12 Juli 2018 nanti, BNNP Maluku akan melakukan proses penyitaan rumah milik Gerald Tomatala, si bandar narkoba. Untuk proses penyitaannya BNNP Maluku telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) maupun pihak Polda Maluku dan PN Negeri Piru untuk bersama BNNP Maluku saat proses penyitaan rumah Gerald Tomatala. Surat penyitaan rumahnya telah diterima oleh BNNP Maluku dari juru sita PN Piru

Dirinya, mengakui untuk proses kasus TPPU, yang menjerat Gerald Tomatala, BNNP Maluku masih menemui sedikit kesulitan untuk proses TPPU yaitu, lamanya pemeriksaan berkas saksi dari LKPP Maluku berupa pemeriksaan laporan transaksi keuangan yang dipakai oleh Gerald Tomatala melalui dua bank yaitu Band Mandiri dan Bank BRI di Jakarta. Selain itu belum dikeluarkannya asistensi penanganan kasus TPPU oleh BNN RI kepada BNNP Maluku.

” Kendala yang ditemui dalam proses TPPU oleh BNNP Maluku tidak menjadi kendala bagi saya selaku Kepala BNNP Maluku, karena itu tidak berkaitan dengan proses penahanan dari Gerald Tomatala. Bagi saya selaku Kepala BNNP Maluku yang terpenting adalah berkas TPPUnya diterima oleh Kepala BNN RI. Saya tau itu jalan sulit yang ditemui oleh BNNP Maluku berupa, sulitnya pembuktiaan terhadap kasua TPPU yang dijerat kepada Gerald Tomatala, karena itu memerlukan tahapan yang tidak mudah dilalui oleh BNNP Maluku,” Akuinya. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com