Maluku Tenggara

71 Jama’ah Haji Malra Diberangkatkan

CJH Malra

Malra, Maluku – 71 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), resmi dilepaskan ke tanah suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji tahun 1439,H/2018, Masehi. Acara seremonial itu berlangsung di Gedung Serbaguna Larwul Ngabal, Ohoijang Langgur, Rabu (19/07/18).

Mewakili Bupati, Malra, Plt Sekretaris Daerah, (Sekda) Hironimus Rettobjaan, dalam sambutannya mengatakan, Untuk kesekian kalinya Pemerintah Daerah Malra, diberikan kesempatan untuk melepas secara resmi keberangkatan (CJH) ke Tanah Suci Mekkah.

Pada momentum tersebut, Rettobjaan,  mengajak keluarga dan para calon haji, agar memaknainya sebagai wadah untuk mempersiapkan segala hal yang akan digunakan calon Jema’ah Haji dalam menunaikan ibadah, serta sebagai upaya mempererat hubungan silaturahmi antara sesama, saling mengingatkan dan menasehati sebagai keluarga besar Maluku Tenggara, yang nantinya bukan hanya membawa nama baik Keluarga tetapi juga nama baik daerah serta Bangsa Indonesia.

Dikatakannya, Ibadah Haji adalah panggilan suci kepada seorang muslim yang benar-benar mampu, dan untuk melaksanakannya sangatlah dibutuhkan kemampuan fisik atau jasmani serta batiniah.  mengingat hampir 9O persen pelaksanaan ibadah haji, memerlukan gerakan fisik atau jasmani.

“Stamina dan kesehatan bagi seorang Calon Jemaah Haji sangatlah penting, karena dengan  kesehatan yang prima, Saya yakin dan percaya seluruh ketentuan yang merupakan rukun ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik pula,” ujar Rettobjaan.

Selanjutnya sebagai wujud komitmen dan kepedulian terhadap Calon Jemaah Haji, pada Tahun 2018, Pemerintah Daerah, telah mengalokasikan dana bantuan Pembiayaan Transportasi Pulang Pergi Langgur Makassar serta  Bagasi. Semua ini Kami lakukan guna menambah kenyamanan Calon Jemaah Haji selama melaksanakan Perjalanan Suci ini,” ungkap Rettobjaan.

Untuk di ketahui Jamaah Haji asal Kab Malra tergabung dalam Kloter 12 Maluku, dengan jadwal Pemberangkatan dan pemulangan, Berangkat dari Langgur langsung ke Makasar( Hotel Khadijah Sudiang) pada tanggal 23 Juli 2018, pukul 07.00 WIT satu kali Penerbangan dengan Menggunakan Pesawat Sriwijaya Air,  sebanyak 71 Orang.

Masuk Asrama Haji Sudiang(Embarkasi) pada Tanggal 24 Juli 2018 pukul 09.00 WITA.

Jama’ah Diberangkatkan dari Embarkasi Makasar menuju Madinah ( Madinah Awal ) pada tanggal 25 Juli 2018 pukul 11.05 Wita.

Kembali dari Mekkah (Jeddah) tanggal 4 September 2018 pukul 18.45 Was, dan akan tiba di Debarkasi Makassar tangga| 5 September pukul, 11.10 Wita dan berangkat dari Makassar ke Langgur tanggal 7 September 2018.  Dengan Masa Tinggal Jamaah haji di Arab saudi Maksimal selama 41 hari.

Demikian Iaporan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Malra, Arifin Difinubun, Pada penyelenggaraan Haji Musim Haji tahun 1439 H/2018 M, pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara. (IN-09).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com