Militer

TNI/Polri Bersama Masyarakat Dan Pemerintah Kota Ambon, Peringati Lahirnya Pancasila

34091270_1893599203996691_4864739865100550144_n

Ambon,Maluku-Peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni sebagai dasar dan falsafa bangsa Indonesia, ke-73 tahun 2018, dilakukan oleb Polda Maluku dalam upacara bersama, bertempat dilapangan upacara, Letkol Pur Polisi,CH Tahapary, Tantui Ambon,Jumat (1/6/2018)

Upacara peringatan hari lahirnya Pancasila, dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol. Andap Budhi Revianto S.IK, selalu inspektur upacara dan dihadiri oleh seluruh pejabat utama Polda Maluku, para Wadir, Para Kapolres jajaran, para Pamen, Pama dan perwakilan Bintara serta Tamtama dari Satker yang ada di Polda Maluku.

34268877_1893599917329953_923706311269416960_n

Amanat Presiden RI yang dibacakan oleh Kapolda Maluku, mengungkapkan Pancasila adalah rumah kita bersama, olehnya itu kita semua berkewajiban menjaganya, para pendiri bangsa ini di asa selalu dari berbagai elemen dan komponen bangsa telah menyusun dan merancang pancasila sebagai landasan persatuan dan kesatuan.

“Mari kita meneguhkan semangat kita untuk bersatu dan berprestasi membangun banggsa ini, pancasilah adalah pilar kebangsaan yang harus kita jaga,  kita harus bersatu dalam satu bineka tunggal ika, kita harus berbagi dengan sesama dalam meningkatkan semangat gotong royong untuk mencapai energi kebersamaan,” ungkap isi kutipan Presiden RI, yang disampaikan Jenderal Polri berpangkat dua bintang emas itu.

Kapolda,mengatakan saat ini kita harus percaya diri dalam bersaing dengan dunia yg sudah terbuka agar kita di pandang oleh bangsa lain. Janganlah kita membuang energi dengan percuma dalam suatu perdebatan di antara kita dan mari kita tingkatkan semangat beprestasi kita dalam membangun bangsa ini.

” Peringatan hari pancasila pada 1 juni tahun 2018 ini harus kita jadikan sebagai momen penting untuk membangun bangsa kita ini sebagai mana yang telah di contohkan oleh para pejuang kita terdahulu dalam berjuang mempertahankan pancasila dan bangsa ini. Mari bersama kita bangun persatuan dan kesatuan dan mari kita saling berbagi dan mendukung satu sama lain untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia,”tutur Revianto.

Lanjut dikatakan,ungkapan terima kasih Presiden RI, kepada generasi sebelumnya yang sudah memberikan pemahaman kebinekaan yang baik kepada kita,saat ini hingga anak cucu kita nanti.

“Mari kita amalkan pancasila dalam keseharian kita di mana saja dan kapan saja dalam membangun indonesia yang maju dan bermartabat,” Tandas Kapolda Maluku.

Selain itu, peringatan hari lahirnya pancasila pada 1 Juni 2018, dilakukan oleh sinergritas  Pilar Polmas (Bhabin Kamtibmas,Babinsa,dan aparatur Desa/Kelurahan), dengan mengelar ucapara bersama seluruh jajaran TNI/Polri dan Pemerintah Kota Ambon yang dipusatkan,di depan monumen gong perdamaian dunia,Jl Slamet Riyadi Kec Sirimau Kota Ambon, sebagai simbol perdamaian di Maluku,Jumat (1/6/2018).

34070263_1893599390663339_8924873115452833792_n

Upacara peringatan hari lahirnya Pancasila oleh sinergritas Pilar Polmas tersebut, dipimpin oleh perwira Apel,Kasat Binmas Polres Ambon, AKP W. B.Minanlarat SH,  dan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy,SH,selaku inspektur apel serta Komandan Apel KBO Binmas Polres P.Ambon dan Pp.Lease, Ipda Jhon.Kolelupun,SH.

Wali Kota Ambon,dalam arahannya menyampaikan,peringatan 1 Juni menjadi momentum untuk menegaskan komitmen kita sebagai bangsa,yang dalam kesatuannya terus membangun kemandirian bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila sebagai paduan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa bukanlah hal yang mudah,banyak tantangan dan masalah yang harus dihadapi bersama dan merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia yang memiliki Keberagaman.

“Kita sadar betul bahwa ada begitu banyak ancaman terhadap keamanan dan ketertiban yang terjadi akhir-akhir ini. Oleh karena itu melalui sinergitas tiga pilar ini saya percaya akan terciptnya keamanan dan ketertiban ditengah-tengah masyakarakat serta memberikan rasa nyaman kepada saudara-saudara kita umat Muslim yang sementara menjalankan Ibadah Puasa sampai akhirnya bisa merayakan Idul Fitri dalam suasana Damai,” ungkap Petahana 2 periode itu.

Apel peringatan hari lahirnya Pancasila,1 Juni tersebur, dihadiri oleh Kapolres P. Ambon dan Pp Lease, AKBP. Sutrisno Hadi Santoso,S.IK, Dandim 1504/ Ambom, Letkol Inf. Fendri Novianto Raminta,Kajari Ambon,Herlie Robert Ilat,SH,MH, Sekretaris Kota Ambon ,A.G.L, Latuheru,M.Si, SKPD dan masyarakat Kota Ambon. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top