Agama

Peringati Nuzulul Quran, Nusantara Mengaji Maluku Gelar 1.000 Khataman Al-Quran

34120437_2047909135471489_8291608959643549696_n

AMBON,MALUKU- Berdasarkan rilis dari Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan  Bangsa (PKB)  Maluku, memperingati Nuzulul Quran 1439 Hijriah, gerakan nusantara mengaji Provinsi Maluku, melaksanakan khataman Alquran.

Kegiatan dengan tujuan berdoa untuk keberkahan dan keselamatan bangsa tersebut, terpusat di Masjid Raya Al-Fatah,Ambon,Sabtu (02/06/2018) dan dihadiri oleh 5.000 peserta dari berbagai Majelis Taqlim/TPA/TPQ/Masjid se -kota Ambon.

Disebutkan,Ketua Dewan Pembina Nusantara Mengaji Maluku,  Basri Damis mengatakan, kegiatan yang diberi nama Nusantara Ambon Mengaji, sebagai upaya menggelorakan kembali tradisi mengaji di Majelis Taqlim, Masjid dan Musholah, yang saat ini sudah mulai hilang.

“Mari kita gelorakan tradisi khataman Alquran di Majelis taqlim, masjid, musholah seperti dulu,” ungkap Basri Damis ,saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan Nuzulul Quran Nusantara Ambon Mengaji.

Dengan acara khataman serentak ini dirinya menilai, semakin berkurang diperdengarkannya kaset mengaji di pagi hari, dan diganti dengan suara anak-anak yang kembali meramaikan rumah Allah dengan mengaji.

Basri Damis memaparkan, pelaksanaan Nusantara Ambon Mengaji, sebagai upaya bermunajat memohon pada Allah, agar bangsa ini mendapat perlindungan dari berbagai ancaman marak yang terjadi saat ini, seperti ancaman teroris, ujaran kebencian, maraknya korupsi, narkoba dan lain sebagainya.

“Ini sekaligus menjadi doa, untuk keselamatan dan keberkahan bangsa. Karena belakangan ini, kita sebagai bangsa, sedang diuji dengan berbagai aksi teror dan ujaran kebencian. Semoga dengan kegiatan ini, kita semua dapat kembali menyerap dan melaksanakan ajaran dan tuntutan Alquran serta menjadi rahmatan lil-alamin (berkah bagi sekalian alam),” ujarnya.

Sementara itu, Kordinator Wilayah Nusantara Mengaji Maluku, Malaka Yaluhun menyatakan,  kegiatan ini sudah menjadi rutinitas nusantara mengaji Maluku.

“Pelaksanaan khataman Alquran nusantara mengaji yang diinisiasi oleh H. A. Muhaimin Iskandar ini ,telah menjadi rutinitas yang dilaksanakan setiap tahun,” imbuhnya.

Malaka menambahkan, para peserta yang mengikuti khataman Al Quran difasilitasi dengan Alquran khataman yang telah dipisahkan per juz ,agar memudahkan dalam menggunakan waktu luang  menghatamkan Alquran.

“Tiap-tiap majelis khataman Alquran Nusantara Ambon Mengaji, kita berikan Alquran yang telah dicetak oleh nusantara mengaji per juz ,agar mempermudah saat melaksanakan khataman Alquran,” ucapnya.

Menurut Yaluhun , saat ini Nusantara Mengaji memperkenalkan aplikasi baru. Nusantara Mengaji telah menyiapkan Aplikasi baru.

Kita dapat melihat dan diikuti melalui smartphone. Aplikasi tersebut menawarkan bagaimana cara membaca Alquran dan mengajak masyarakat untuk melakukan khataman Alquran satu minggu satu juz.

“Aplikasi Nusantara Mengaji adalah aplikasi Khataman Alquran online pertama di dunia. Pengguna aplikasi ini bisa melakukan khataman Alquran bersama-sama ,secara online di tempat masing-masing. Bapak/ibu dapat mendownloadnya di Hp android dengan nama aplikasi nusantara mengaji,” tambahnya.

Untuk diketahui ,pelaksanakaan Nuzulul Quran Nusantara Ambon Mengaji, disertai dengan buka puasa bersama serta sholat magrib berjamaah.

Dihadiri oleh Imam Besar Alfatah Ambon,para anggota legislatif dari PKB Maluku, serta 143 Imam Masjid se kota Ambon.(IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top