Pemerintahan

Pantai Wisata Gumumae Bula Terancam Abrasi

35143400_1547760848669565_1735714331489730560_n

Bula,Maluku- Pantai wisata Gumumae Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terancam abrasi. Obyek wisata pantai yang menjadi andalan wisatawan lokal setempat terancam terkikis habis bila tidak diantisipasi instansi terkait.

Pantaun Intim News puluhan pohon yang tumbuh dibibir pantai yang menjadi penyangga abrasi telah tumbang akibat dihantam ombak. Kondisi ini bila terus dibiarkan akan mengancam sejumlah fasilitas pendukung wisata dilokasi ini. Misalnya saja,tempat beristirahat (Gazebo) yang dibangun untuk pengunjung didekat bibir pantai terancam dihantam ombak. Selain itu, jalan setapak yang berada disekitar bibir pantai terancam putus.

34873447_1547762348669415_7178668661350072320_n

Abrasi yang terjadi dilokasi ini juga dinilai cukup cepat mengikis bibir pantai. Ini terlihat pada jalan setapak yang baru dibangun tahun lalu yang masih jauh dari bibir pantai kini, jalan setapak tersebut terancam putus akibat abrasi.

Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) lewat dinas pariwisata diminta untuk segera melakukan langkah antisipasi. Bila terus dibiarkan lokasi wisata pantai Gumumae terancam akan rusak parah akibat abrasi.

Akibatnya,negara akan mengalami kerugian. Sebab, dana miliaran rupiah yang dialokasikan untuk membangun fasilitas pendukung wisata dilokasi ini akan sia-sia.

Pantai Gumumae merupakan obyek wisata yang paling populer didaerah itu. Setiap akhir pekan dan libur nasional pantai ini selalu ramai dikunjungi masyarakat setempat. Selain jarak tempuh yang dekat dengan kota Bula, pantai Gumumae juga merupakan satu-satunya destinasi wisata yang bisa dikunjungi karena sudah memiliki fasilitas pendukung yang mumpuni.

Ditempat ini telah dibangun sejumlah fasilitas pendukung bagi wisatawan. Diantaranya, Gazebo, toilet, kantin dan lahan parkir serta fasilitas pendukung lainnya.

Samas Keliobas salah satu pengunjung yang ditemui dilokasi tersebut mengaku, prihatin melihat kondisi pantai Gumumae yang terancam rusak parah akibat abrasi.

“Gumumae ini satu-satunya lokasi wisata dikota Bula jadi harus dijaga dengan baik. Makanya dinas pariwisata harus cepat tanggap melihat ini, “harap Keliobas.

Menurut dia, langkah antisipasi harus dilakukan secepatnya. Hal ini mengingat kondisi pantai yang sudah sangat memprihatinkan. Selain itu, kondisi cuaca ombak di musim timur saat ini juga mempercepat proses abrasi pantai Gumumae. Puluhan pohon jenis kasuari yang tumbuh sepanjang bibir pantai kini tumbang berserakan.

“Tahun lalu abrasi belum begitu parah seperti sekarang ini. Pohon-pohon yang tumbang hanya satu-dua saja. Sekarang ini pohon yang tumbang sudah puluhan. Kalau kondisi ini terus dibiarkan bisa-bisa pantai ini hanya tinggal kenangan untuk anak cucu kita, “ungkap Keliobas.

Untuk itu, dia meminta, Pemda SBT lewat dinas pariwisata untuk segera melakukan langkah antisipasi agar abrasi tidak merambat lebih jauh hingga merusak pantai yang menjadi obyek wisata favorit masyarakat dibumi “Ita Wotu Nusa” itu. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com