Hukum & Kriminal

Usut Dugaan Tipikor SPPD Fiktif Kota Ambon Tahun 2011, Richard Louhenapessy Masuk Bidikan Polisi

DSC_1233
Kasat Reskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease, AKP.R. E. Adikusama, SH, MH

Ambon,Maluku– Kasus dugaan tindak pidana korupsi anggaran perjalanan dinas fiktif, yang bersumber dari APBD Kota Ambon,tahun 2011,senilai Rp 6 miliar, terus digulirkan oleh Penyidik tindak pidana korupsi (Tipikor), Satuan Reserse Kriminal Polres P.Ambon dan Pp.Lease.

Usai melakukan pemanggilan kepada 5 orang saksi yang diperiksa dan dimintai keterangan, penyidik Tipikor Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease,kembali melakukan pemeriksaan kepada mantan kepala bagian (Kabag) keuangan Sekwan DPRD Kota Ambon, Emi Tamtilauhitu, bersama Jacob, salah satu staf ahli pada Pemkot Ambon.

Kasat Reskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease, AKP R.E.Adikusuma,SH,MH, kepada Wartawan diruangan kerjanya, Senin (21/5/2018), mengatakan Emi Tamtelahitu,yang diperiksa oleh penyidik Tipikor Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease sekitar pukul 09.00 WIT-13.00 WIT, adalah terkait dengan penggunaan perjalanan dinas tahun 2011 Sekwan DPRD Kota Ambon senilai Rp 4 miliar.

Yang mana ditahun 2011, Emi Tamtelahitu, saat itu menjabat selaku Kasubag anggaran dan Akuntansi,dan ditahun 2013-2016 dirinya menjabat selaku Kabag Keuangan Sekwan DPRD Kota Ambon.

33059427_1881787248511220_2866197166005682176_n“Emi Tamtilauhitu, Kasubag anggaran dan akuntansi tahun 2011, dan 2013-2016, menjabat Kabag Keuangan Sekwan DPRD Kota Ambon,diperiksa sebagai saksi dalam perjalanan dinas fiktif Rp tahun 2011, Sekwan DPRD Kota Ambon. Dalam pemeriksaan tersebut dirinya menjelaskan tugas pokok untuk verikasi bukti-bukti keuangan perjalanan dinas pimpinan yang dilakukan oleh sejumlah anggota DPRD Kota Ambon,ditahun 2011,” ungkap Perwira Polri berpangkat tiga balok emas itu

Dikatakan,selain melakukan pemeriksaan kepada Emi Tamtilauhitu,penyidik Tipikor Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease, juga melakukan pemeriksaan dan permintaan keterangan kepada saksi Staf Ahli Bidang Ekonomi Pemkot Ambon,Jacob Selano, dalam kasus perjalanan dinas fiktif pimpinan Kota Ambon tahun 2011.

“Pa Jacob Selano, hari ini diperiksa oleh penyidik Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease, dalam kasus perjalanan dinas fiktif sekertariat Kota Ambon tahun 2011,” ucap AKP R.E.Adikusuma

Dijelaskan, selain melakukan pemeriksaan kepada Emi Tamtilauhitu dan Jacob Selano, penyidik Tipikor Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease juga telah melayangkan surat permohonan ijin kepada PLT Gubernur Maluku,terkait dengan akan dipanggilnya Walikota Ambon Richard Louhenapessy, untuk diperiksaan dan dimintai keterangan oleh penyidik Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease

“Untuk pemeriksaan saksi selanjutnya, penyidik Tipikor Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease,akan menyurati PLT Gubernur Maluku untuk meminta ijin pemeriksaan kepada Walikota Ambon Richard Louhenapessy. Yang rencananya akan diperiksa sebagai saksi dalam dugaan tipikor perjalanan dinas fiktif Kota Ambon tahun 2011, oleh penyidik Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease pada pekan depan,”Pungkasnya.

Ditambahkan,selain itu penyidik juga masih menunggu beberapa dokumen-dokumen penggunaan anggran perjalan dinas Sekertariat Kota Ambon tahun 2011 yang belum diserahkan oleh Sekretaris Kota Ambon,A.G.L Latuheru.

Diketahui, untuk mengumpulkan sejumlah data dan keterangan dalam membongkar aliran dana Rp 6 miliar yang dikucurkan untuk membiayai perjalanan dinas pimpinan pada Sekertariat Kota Ambon senilai Rp 2 miliar dan Sekwan DPRD Kota Ambon senilai Rp 4 miliar, terhitung sudah 5 saksi yang telah dipanggil untuk dimintai keterangan dan diperiksa oleh penyidik Tipikor Satreskrim Mapolres P.Ambon dan Pp.Lease.

5 orang saksi yang telah dipanggil,untuk diperiksa dan dimintai keterangan oleh penyidik Tipikor Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease,diantaranya, Saleh Mahulete, Bendahara Sekertariat Pemkot Ambon Josias Aulele, Bendahara Sekwan DPRD Kota Ambon,Revi Likumahua, Sekretaris Kota Ambon,A.G.L Latuheru dan Asisten II Pemkot Ambi Roby Silooy. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top