Militer

Sinergritas TNI/ Polri Bersama Pemkot Ambon, Berdayakan Polmas Ciptakan Kamtibmas

34045039_1892546294101982_6895091792069263360_n

Ambon,Maluku– Perwujudan tugas dan fungsi Polmas (Bhabinkamtibmas,Babinda,Apratur Desa/Keluarahan), gencar dilakukan oleh TNI/ Polri bersama Pemerintah Kota Ambon

Hal ini yang dilakukan oleh Polres P.Ambon dan Pp.Lease,bersama Kodim 1504/Ambon dan Pemerintah Kota Ambon dengan mengelar kegiatan peningkatan sinergitas tiga pilar Polmas dalam mewujudkan Kamtibmas di Kota Ambon, bagi para Lurah, Kepala Desa, Kepala Pemerintah Negeri, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Se-Kota Ambon. Dengan penanggung jawab Pemkot Kota Ambon,  Florensia Matahelmual S.STP, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan,Rabu (30/5/2018).

Florensia Matahelmua,S.STP, dalam penyampaian pertanggung jawaban pelaksanaan,menjelaskan program tiga pilar yang dibentuk yakni Camat, Kapolsek dan Danramil untuk tingkat Kecamatan, serta Kepala Desa/Kepala Pemerintah Negeri/Lurah, Babinkamtibmas, dan Babinsa untuk tingkat Desa memiliki tujuan agar tewujudnya kemanan dan ketertiban dalam kehidupan bennasyarakat.

Untuk itu, diperlukan peningkatan dan penguatan sinergitas tiga pilar ini agar menghasilkan kinerja yang baik dalam mewujudkan kondisi sosial masyarakat yang aman dan nyaman.

” Dalam mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, tidak hanya tiga pilar yang berperan saja tetapi bagaimana tiga pilar ini dapat membina masyarakat sehingga peran serta seluruh elemen masyarakat juga diperlukan dalam sinergitas dan meningkatkan koordinasi serta komunikasi demi suasana aman, nyaman dan kondusif,” ungkap Matahelmual

Dikatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan DPA bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kota Ambon Tahun 2018 , tentang Sosialisasi Kamtibmas.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan sinergitas tiga pilar dalam hal ini Kepala Desa/Kepala Pemerintah Negeri/Lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas dalam rangka menjaga stabilitasi keamanan dan ketertiban masyarakat dalam wilayah masing-masing,” Ucapnya.

Selain itu untuk meresponi pelaksanaan kegiatan polar Polmas tersebur, Walikota Ambon dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten 1 Bagian Pemerintahan Sekot Kota Ambon,Min Tupamahu,SH,MH,menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepolisian Polres Ambon dan Brimob Polda Maluku yang sudah membantu Pemerintah Kota Ambon dalam menangani bencana tanah longsor dan banjir yang terjadi di Kota Ambon belakangan ini.

33992380_1892591914097420_9102368836597841920_n

“Sinergitas antara TNI/Polri dan Pemerintah Daerah yang saat ini dikenal dengan istilah tiga pilar merupakan kekuatan yang selalu harus dipelihara dan ditingkatkan mulai dari tingkat kabupaten/ kota, kecamatan sampai ke tingkat Desa Negeri Kelurahan untuk mewujudkan keamanan ketertiban dan kenyamanan bagi warganya,” ungkap Wali Kota Ambon

Dikatakannya, sinergitas tiga pilar Polmas yang baik diharapkan mampu menjaga stabilitas wilayahnya dengan memberikan situasi dan kondisi yang aman dan nyaman serta mampu mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena apabila situasi kewilayahan tidak kondusif maka akan menghambat proses pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, sehingga akan berdampak juga pada menghambatnya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

” Melalui kegiatan ini Pemerintah Kota Ambon sangat mengharapkan adanya peningkatan sinergitas tiga pilar yang lebih baik lagi khususnya di Negeri desa dan kelurahan dan berkoordinasi lebih optimal,” ucap Tupamahu

Diungkapkannya, dengan tiga pilar Kecamatan sehingga gangguan-gangguan keamanan yang sering terjadi di wilayahnya masing-masing dapat diantisipasi sejak dini sebelum menimbulkan keresahan ataupun terjadinya gejolak di masyarakat.

” Serta dapat meminimalisir masalah-masalah keamanan yang umum yang biasa terjadi di lingkungannya seperti pencurian, perkelahian, balapan liar, narkoba, kenakalan remaja, dan yang lainnya bahkan sampai pada masalah petasan terutama dalam menghadapi bulan Ramadhan dan juga pada Idul Fitri,” Pungkasnya.

Pelaksanaan kegiatan peningkatan sinergitas tiga pilar Polmas,dibawakan materi oleh Kasat Binmas Polres P. Ambon dan Pp. Lease AKP.W.B,Minanlarat,SH dengan materi ,pentingnya sinergitas tiga pilar Kamtibmas dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas diwilayah hukum Polres P. Ambon dan Pp. Lease. Serta sosialisasi pencegahan pungutan liar.

Sedangkan untuk pemateri yang dibawakan oleb Kepala Badan Intelejen (Kabinda) Kota Ambon,Letkol Informasi Nelson Situmorang, berkaitan dengan  peningkatan sinergitas tiga pilar Polmas dalam mewujudkan Kamtibmas di Kota Ambon.

Serta pemateri dari Pasi Ops Kodim 1504/ Ambon, Kapten Inf Billy, tentang peningkatan snergitas tiga pilar Polmas,dalam mewujudkan Kamtibmas di Kota Ambon. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top