Seram Bagian Timur

Sekda Resmikan Sarana Pendidikan Milik SD Inpres Fatolo

resmi mtb

Bula,Maluku- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Dr. Syarif Makmur pada Selasa (2/5/2018) meresmikan sarana pendidikan milik Sekolah Dasar (SD) Inpres Fatolo, desa Fatolo Kecamatan Bula. Sarana pendidikan yang diresmikan Sekda antara lain, ruang multimedia dan kantin sehat.

Kegiatan peresmian kedua sarana pendidikan di SD Inpres Fatolo ini digelar dalam rangkah memperingati hari pendidikan nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei tahun 2018.

Sekda Syarif dalam sambutanya mengatakan, peningkatan sarana pendidikan cukup penting bagi pencapaian mutu pendidikan. Hal karena pendidikan berada pada urutan pertama dari tiga faktor tujuan bernegara.

“Kalau suruh pilih, mana yang lebih penting, kesehatan, pendidikan dan pendapatan? Ini pernah kita diskusikan tapi akhirnya kita mengambil kesimpulan pendidikanlah yang berada di urutan pertama. Mengapa pendidikan? Karna pendidikan itu mengajarkan tentang 3 hal. Mengajarkan ilmu, mengajarkan pengetahuan dan mengajarkan ketrampilan. Sementara tujuan negara ini hanya 3 itu yakni peningkatan pengetahuan, peningkatan ilmu dan peningkatan ketrampilan, “ungkapnya.

Dia mengaku, sejak tahun 2013 selalu mengikuti perkembangan mutu pendidikan yang dicapai SD Inpres Fatolo termasuk informasi tentang sekolah itu yang didaulat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi salah satu sekolah rujukan nasional dari 12 di Indonesia. Hal ini menjadikan SD Inpres Fatolo menjadi satu-satunya sekolah di Provinsi Maluku yang masuk kategori sekolah rujukan.

“Bahkan, saya tahu sampai SD Inpres Fatolo masuk dalam 12 besar sekolah yang menjadi sekolah rujukan nasional, tidak gampang itu. Di Maluku cuma satu-satunya di SBT yang mewakili sebagai sekolah rujukan nasional, “katanya.

“Dari situ kita bisa melihat penampilan anak didik, bicara mereka maju, cara mereka bersikap santun sudah menunjukkan karakter yang betul-betul kita dapatkan. Dan ini sudah mencerminkan siapa gurunya, siapa kepala sekolahnya. Bercermin dari penampilan anak didik, “ungkap Sekda.

Untuk itu, atas nama pemerintah daerah kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dia mengucapkan banyak terima kasih atas capaian prestasi yang telah diperoleh SD Inpres Fatolo selama ini. Hal ini menurut Sekda, tidak terlepas dari upaya para guru yang telah bekerja keras demi meningkatkan kualitas pendidikan pada lembaga tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru SD Inpres Fatolo atas prestasi, dedikasi dan integritas yang telah membawa nama baik tidak hanya SBT tapi nama baik provinsi Maluku ditingkat nasional, “tutur sekda.

Semantara itu, kepala sekolah SD Inpres Fatolo, Jenah Alhamid mengatakan, sarana pendidikan merupakan seluruh perangkat, alat, bahan dan berabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan. Untuk itu, melalui peresmian sarana pendidikan yang antara lain ruang multimedia dan kantin sehat diharapkan dapat menunjang proses belajar di sekolah tersebut.

“Sarana pendidikan yang diresmikan pada hari ini merupakan tambahan kepercayaan yang diberikan kepada SD Inpres Fatolo dengan harapan kiranya menjadi wadah perkembangan minat bakat peserta didik pada lembaga sekolah dasar Inpres Fatolo, “katanya.

Dikatakan, sarana pendidikan yang diresmikan itu memiliki keterkaitan dengan berbagai macam program sebagai sekolah binaan kementerian pendidikan kebudayaan khususnya direktorat pendidikan sekolah dasar yang mana telah menjadikan SD Inpres Fatolo sebagai sekolah dasar rujukan, sekolah Pengutan Pendidikan Karakter (PPK) dan sekolah model.

Sementara sebagai sekolah rujukan,  SD Inpres Fatolo berupaya untuk memiliki ciri dan budaya sekolah yang mana seperti sekolah rujukan lainnya di seluruh Indonesia. Penunjukan sekolah dasar Inpres Fatolo sebagai salah satu sekolah dari 12 sekolah nasional mampu menunjukkan dalam program sekolah khususnya perilaku literasi dan praktek baik.

Menurut Jenah, sekolah model adalah program pemerintah pusat tentang pengembangan sekolah yang terpusat pada sejumlah sekolah dalam gugus di suatu wilayah. Pada tahun 2016, SD Inpres Fatolo melalui lembaga penjamin mutu pendidikan provinsi Maluku direkomendasikan sebagai sekolah modeling terhadap sekolah imbas yang dilakukan pada kegiatan sistem penjaminan mutu internal.

“Capaian yang dipaparkan tidak terlepas dari peran serta berbagai unsur antara lain, dinas pendidikan kabupaten Seram Bagian Timur beserta jajaran UPTD nya, komite sekolahnya, warga masyarakat, stakholder dan juga para mitra yang selama ini selalu memberikan kontribusi demi perkembangan mutu pendidikan yang ada di SD Inpres Fatolo. Kiranya dukungan dan partisipasi semua pihak terus diharapkan untuk saat ini dan masa yang akan datang, “tutur dia.

Selain dihadiri Sekda, kegiatan peresmian sarana pendidikan di SD Inpres Fatolo juga turut dihadiri sejumlah anggota DPRD Kabupaten SBT, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah undangan lainnya. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com