Hukum & Kriminal

Cegah Kelangkaan Beras Di Kota Ambon, Distribrutor Beras Disasar Polisi

timthumb

Ambon,Maluku– Pemantauan terhadap pasokan pangan dan sembako dipasaran  Kota Ambon, memasuki bulan puasa serta kesiapan menghadapi perayaan Idul Fitri 1439 Hijria ,kembali dilakukan oleh Tim Satgas Pangan Polres P.Ambon dan Pp.Lease.

Selaku Kasatgas Pangan Polres P.Ambon dan Pp.Lease,AKP R.E Hadikusuma yang ditemui Wartawan diruangan kerjanya, Jumat (18/5/2018),mengatakan untuk memastikan adanya ketersediaan pangan yang mencukupi pada perayaan ibadah puasa serta menghadapi perayaan hari raya Idul Fitri,1439 Hijria,tim satgas pangan Polres P.Ambon dan Pp.Lease,melakukan pemantauan seminggu sekali kepada beberapa distributor besar yang ada di Kota Ambon.

” Pemantauan yang dilakukan oleh tim satgas pangan Polres P.Ambon dan Pp.Lease,dibeberapa distributor besar di Kota Ambon,seperti, toko Indo Jaya, UD Gema Rejeki, Toko Fani (CV Abadi Mandiri),CV Barkat Mulia,UD Padi Emas,UD HJN,PT Bintang Sakti Semesta,Toko Fortuna,gudang besar Bulog huruf F,di Daerah Air Salobar,dan gudang beras Bulog, di desa Halong,” ungkap Perwira Polri berpangkat tiga balok emas itu.

Kasat Reskrim,menjelaskan adapun ketersedian pangan beras yang ada di beberapa distributor di Kota Ambon seperti, UD Gema Rejeki 1 ton 596 kg beras dari berbagai merk,dengan ukuran yang tersedia yaitu beras ukuran 5 kg, 10 kg 20 kg dan 25 kg. Toko Fani (CV Abadi Mandiri),dengan stok yang tersedia sebanyak 21 ton181 kg, dengan ukuran 24 kg dan 25 kg, CV Berkat Mulia, stok beras sebanyak 179 ton 41kg, UD Padi Emas, 40 ton,dengan ukuran yang tersedia 24 kg dan 25 kg. Distributor toko Indo Jaya, dengan stok beras yang tersedia sebanyak 20 ton 781kg dengan ukuran yang tersedia, 5 kg,10 kg, 20 kg dan 24 kg , UD HJN, dengan stok yang tersedia sebanyak 8 ton 473 kg , dengan ketersediaan ukuran 10 kg 24 kg dan 25 kg. Distributor PT Bintang Sakti Semesta, dengan stok yang tersedia sebanyak 9 ton 700 kg, dengan ukuran 10 kg dan 25 kg, Toko Fortuna, dengan stok yang tersedia sebanyak 22 ton, 32 Kg dengan ukuran 24 kg, Bulog gudang beras huruf F di Air Salobar, dengan stok yang tersedia berupa beras komersil premium sebanyak 1.303 ton 420 kg dan besar CBP Medium, dengan stok sebanhak 2.481 ton,69 kg. Stock beras di gudang Bulog yang ada di desa Halong, dengan stik beras yang tersedia merk PSO medium,sebanya 1.311 ton 233 kg dengan total 1.311 ton, 23 kg

” Dari hasil pengecekan yang dilakukan oleh Aiptu Herman Mashudin (K Tim) bersama personil tim satgas pangan Polres P.Ambon dan Pp.Lease, tercatat beberapa stok besar yang dipasok oleh distibutor beras yang ada di Maluku, dari Sulawesi Selatan (Makasar) dan Pulau Jawa dapat mencukupi hingga memasuki perayaan Idul Fitri,” tutur AKP. R.E Adikusuma.

Dikatakan,dari pemantauan yang dilakun oleh Tim Satgas Pangan Polres P.Ambon dan Pp.Lease,menemukan ada beberapa distributor beras di Kota Ambon yang tidak melakukan pemasokan beras,seperti UD Bahagi,Toko SW, Cv Union Abadi. ” Dari informasi yang diterima oleh tim satgas pangan Polres P.Ambon dan Pp.Lease, beberapa distributor yang tidak memasok beras dikarenakan tingginya biaya akomodasi dan transportasi bongkar muat di pelabuhan,” tuturnya.

Ditambahkan, selain melakukan pengecekan terhadap pasokan beras di beberapa distributor di Kota Ambon, Tim Satgas Pangan Polres P.Ambon dan Pp.Lease juga melakukan pemantauan kepada beberpa distributor penyuplai gas elpiji di Kota Ambon.

” Untuk pengecekan terhadap distributor penyuplai elpiji pertamina,dilakukan kepada PT Pemantik Sumber Pratama dengan stok elpiji yang tersedia berupa elpiji ukuran 5,5 kg,12 kg dan50 kg. Dengan rincian ukuran 5,5 kg sebanyak 170 tabung, ukuran 12 Kg, sebanyak 1.834 tabung dan, 50 kg sebanyak tabung 151. Stok elpiji ini hanya tersedia di bulan Mei untuk kebutuhan selama bulan puasa,” Pungkasnya. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top