Hukum & Kriminal

Anggota Polsek KPPP Tepa, Bantu 30 Penumpang KM.Sabuk Nusantara 43 Yang Kelaparan

33135344_1883035241719754_7437200128923926528_n

Ambon,Maluku- Diduga kehabisan stok makanan yang biasanya disediakan pihak KM.Sabuk Nusantara 43, sehingga sedikitnya ada 30 penumpang mendapat pasokon secukupnya dari anggota polisi di KPPP di Pelabuhan Tepa, Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Pasalnya, adanya peringatan dini mengenai cuaca yang kurang baik, sehingga KM.Sabuk Nusantara 43 harus berlabuh di Saulaki beberapa hari.

Padahal, rencananya kapal tersebut akan melakukan pelayanan menyusuri rute Mahaleta-Luang-Lakor-Moa-Leti-Lerokis-Kupang, sehingga harus menambatkan talinya di pelabuhan Saumlaki.

Anggota Polisi KPPP Pelabuhan Tepa yang teridentifikasi yakni, Brigpol A. K. Meyoka saat itu kedapatan memberi bantuan makanan berupa 2 sak beras, 2 karton mie instan dan 2 rak telur sekitar pukul 15:00 WIT.

Bantuan sukarela ini diberikan kepada ke 30 penumpang yang kehabisan makanan di kapal dimaksud. Padahal dan seharusnya pihak KM.Sabuk Nusantara 43 bisa berkomunikasi dan mencari bantuan makanan dari pihak pemerintah setempat, melalui pemerintah provinsi, karena kapal tersebut merupakan bagian dan tanggung jawab pemerintah.

Dari informasi yang diperoleh wartawan, Selasa, (22/5/2018),beberapa warga yang ditemui menjelaskan, KM.Sabuk Nusantara 43 tidak bisa lakukan perjalanan, lantaran cuaca buruk, sehingga beberapa hari harus berlabuh di pelabuhan Saumlaki-MTB.

Bantuan yang diberikan Brigpol A. K. Meyoka tersebut diterima perwakilan penumpang yakni Meky Kormasela. Dan para penumpang merasa berterima kasih kepada pemberi bantuan makan.

“Kami menerima dengan suka cita dan penuh haru. Karena kami tidak mendapat bantuan dari siapapun, terutama dari pihak KM.Sabuk Nusantara 43 sendiri, apalagi dari pihak pemerintah. Uang kami juga sudah tidak punya, karena sudah membeli kebutuhan selama berada di kapal yang berada di pelabuhan Saumlaki ini. Kami berterima kasih sekali, dengan harapan kiranya Tuhan yang membalas atas niat baik pa Mayoka beserta keluarga dan rekan-rekannya,” seru Kormasela.

Berdasarkan informasi lain yang diperoleh menjelaskan, KM.Sabuk Nusantara 43 rencana berangkat melanjutkan perjalanan atau berangkat pada Kamis, 24 Mei 2018, setelah mendapat perintah dari BMKG dan KUPP Saumlaki untuk melanjutkan sisa rutenya yakni, Mahaleta-Luang-Lakor-Moa-Leti-Lerokis-Kupang.

Setelah memberikan bantuan tersebut, arahan singkat dari anggota polisi, Brigpol A. K. Meyoka menghimbau, demi keselamatan, agar para penumpang tidak gegabah, malah harus tetap bersabar dan berdoa, agar kondisi cuaca bisa membaik, dan perjalanan dapat dilanjutkan lagi.

Sementara itu, pihak KM.Sabuk Nusantara 43 belum dapat dikonfirmasi mengenai apa yang terjadi. Hingga berita ini dipublis, pihak-pihak terkait belum dapat dikonfirmasi. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com