Hukum & Kriminal

Supir Maut Mobil Honda Brio, Jimmi Sitanala Diperiksa Polisi

Jimmy Sitanala dan Mobilnya

Ambon, Maluku– Jimmi. G. Sitanala, Legislator Kabupaten Maluku Tengah besutan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, akhirnya diperiksa oleh Penyidik Unit Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas), Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease, pada Jumat (13/4/2018).

30653261_2098508930177402_3561354373235736576_nPemeriksaan terhadap sang supir maut Mobil Honda Brio (Jimmi.G.Sitanala), oleh Penyidik Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease, setelah adanya surat balasan persetujuan dari PLT Gubernur Maluku Dr Zet Sahuburua,Selasa (10/4/2018), yang mengiyakan prosedur pemeriksaan kepada Jimmi G.Sitanala, oleh Penyidik Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease.

Kasat Lantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease, AKP Muhhamad Bambang Surya Wiharaga, S.IK, yang ditemui Wartawan diruangan kerjanya, Jumat (13/4/2018), membenarakan adanya informasi pemeriksaan kepada Jimmi.G.Sitanala yang diperiksa oleh Penyidik Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease, diruangan Unit Laka Lantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease.

“ Benar, hari ini, Jimmi.G.Sitanala, resmi kami diperiksa oleh Penyidik Laka Lantas, Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease. Yang bersangkutan (Jimmi.G.Sitanala), kami periksa masih sebagai saksi,  setelah mendapat surat  persetujuan balasan dari PLT Gubernur Maluku yang diterima oleh Penyidik Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease, pada Selasa (10/4/2018),”tutur Perwira Polri berpangkat tiga balok emas itu.

Dijelaskan, Jimmi.G.Sitanala yang diperiksa oleh Penyidik Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease, masih  sebagai saksi dalam kasus kecelakaan lalu lintas yang menewaskan korban jiwa F.P (39 tahun) diruas jalan Sisinga Mangaraja,pada Minggu (23/3/2018), kemarin.

“ Jimmi.G.Sitanala, hari ini kami periksaa, kapasitasnya masih sebagai saksi. Usai menjalani pemeriksaan sebgai saksi,berkas pemeriksaannya akan kami rampungkan dan akan digelar kasusnya diinternal Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease, barulah yang bersangkutan (Jimmi.G.Sitanal), akan ditetapkan sebagai tersangka,sesuai dengan bukti-bukti pemeriksaan kepada yang bersangkutan apakah mengakui perbuatannya atau tidak,”ungkap AKP.M.B.Suryawiharga.

Dikatakan, usai melakukan pemeriksaan kepada Jimmi.G.Sitanala, pihak Penyidik Satlantas akan melakukan gelar perkara, juga penahanan kepada yang bersangkutan, setelah itu berkasnya akan dirampungkan dan dilengkapi untuk dikirim ke Tahap I (Penyerahan berkas perkara),kepada pihak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Ambon.

“ Setelah pengambilan keterangan dari yang bersangkutan (Jimmi.G.Sitanala), sebagai Penyidik Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease  akan merampungkan berkas pemeriksaannya, yang juga akan disinkrokan dengan keterangan-keterangan dari 4 saksi lainnya yang telah diperiksa oleh Penyidik Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease. Setelah usai menggelar perkara diinternal penyidik Satlantas, barulah kami menetapkan Jimmi.G.Sitanala sebagai tersangka. Setelah penetapan tersangka kepada Jimmi.G.Sitanala,akan dilanjutkan dengan pembuatan surat penahanan oleh Penyidik Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease dan langsung dilakukan penahanan kepada Jimmi.G.Sitanala,” Ungkapnya

Ditambahkan,untuk kasus laka lantas yang dilakukan oleh  Jimmi.G.Sitanala,bukan baru pertama kali ditangani oleh Penyidik Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease, Jimmi. G.Sitanala, juga pernah dilaporkan dalam kasus laka lantas yang mengakibatkan kerugiaan matrial salah seorang pengendara sepeda motor ditahun 2010.

Dikatahui sebelumnya, kasus laka lantas yang membawa Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah, Jimmi.G.Sitanal, hingga harus menjalani proses pemeriksaan oleh Penyidik Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease,lantaran mengendarai Mobil Honda Brio yang dipacunya dengan kecepatan tinggi, hingga menabrak F.P (39 tahun), seorang tukang ojek diruas Sisinga Mangaraja, tepatnya didepan Toko Trisura, Terminal Transit Passo, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (23/3/2018). Akibat dari kecelakaan tersebut, sang tukang ojek yang ditabrak oleh Jimmi.G.Sitanala dengan mobil Honda Brio yang dikendarainya bersama dengan Stela Mattitaputi, Pegawai Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Provinsi Maluku, akhirnya mengalami putus kaki hingga meninggal dunia.

Kasus laka lantas tersebut juga sempat menjadi kendala bagi Penyidik Satlantas Polres P.Ambon dan Pp.Lease,untuk melakukan pemeriksaan kepada Jimmi.G.Sitanala,lantaran dirinya merupakan Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah, yang  dalam mekanisme pemeriksaan seorang anggota DPRD oleh Kepolisian harus meminta ijin kepada Pemerintah Provinsi sebagaimana diatur dalam Putusan Mahkama Konstitusi (MK) tahun 2014. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top