Seram Bagian Timur

Ribuan Pohon Kelapa Milik Warga Teor Terserang Hama

kelapa terserang hama

Bula,Maluku- Ribuan tanaman pohon kelapa milik warga pulau Teor dikecamatan Teor Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terserang hama. Jenis hama yang belakangan diketahui bernama Siput Tosea atau dengan nama latin Tocea Molucana itu menyerang tanaman kelapa milik warga didaerah itu sejak 2 bulan terakhir.

Minimnya pengetahuan ilmiah tentang cara penanggulangan dan pembasmian Hama membuat Hama siput Tosea terus menyerang tanaman kelapa milik warga Teor hingga saat ini.

Menurut informasi yang diterima media ini, saat ini Hama sudah menyerang tanaman kelapa milik warga dipesisir pantai Barat yakni didesa Rumoy, Ker Ker, Karlokin, Kartutin, Kartengah dan Kilwow. Sementara dipesisir timur pulau Teor seperti desa Rumalusi, Lapang, Wermaf, Kampung Baru dan Mamur masih aman.

Kondisi ini bila dibiarkan Hama akan terus menyerang tanaman kelapa warga. Hal ini akan mengakibatkan ribuan tanaman kelapa milik warga pulau Teor yang ada dipesisir timur maupun barat terancam mati. Padahal, selain tanaman pala, buah kelapa merupakan salah satu sumber pendapatan bagi warga dipulau yang berbatasan langsung dengan Kota Tual itu.

Tanaman dengan nama latin Cocos nucifera ini menjadi sumber pendapatan warga lantaran diproduksi menjadi kompra dan minyak. Sejak dulu hingga kini pulau Teor dikenal sebagai salah satu produsen kompra. Rata-rata kopra yang produksi masyarakat Teor dipasok ke Surabaya, Provinsi Jawa Timur melalui pengusaha di Kota Tual dan Maluku Tenggara.

Akibat terserang hama, tanaman pohon kelapa diwilayah itu mulai kekurangan buah. Hal ini menyebabkan produksi kopra milik warga pulau Teor sejak beberapa bulan terakhir terus mengalami penurunan yang cukup drastis. Bahkan petani kelapa yang sering memproduksi kopra sudah mulai beralih ke profesi lain.

Sementara itu, ketua Lembaga Kalesang Lingkungan Maluku (LKLM), Costansius Kolatfeka kepada media ini mengaku, pemerintah kabupaten SBT lewat dinas Pertanian dan Perkebunan memastikan akan menerjunkan timnya untuk mengatasi penyebaran Hama yang menyerang tanaman kelapa milik warga Teor. Kepastian diterima setelah Kolatfeka bertemu langsung dengan kepala dinas Pertanian dan Perkebunan SBT Gazali Salampessy dikediamannya dikota Ambon.

“Ada beberapa hal yang telah di tempuh oleh dinas Pertanian perkebunan kabupaten SBT antara lain, pertama, dinas Pertanian dan perkebunan Kabupaten SBT telah melakukan koordinasi langsung di lapangan guna mendapat informasi langsung dari Petani kelapa di Teor.
Kedua, Persiapan pun telah di lakukan oleh dinas terkait melalui kunjungan langsung ke lapangan (pulau Teor) dalam waktu dekat ini dan ketiga, kordinasi Dinas pertanian dan perkebunan Kabupaten SBT dengan Dinas Pertanian Provinsi maluku bahkan Instansi vertikal kementrian di wilayah maluku pun telah ditempuh, “ungkap Kolatfeka yang juga putra asal Teor ini via seluler kemarin.

Sebagai warga Teor dia meminta, pemerintah harus berupaya semaksimalkan mungkin untuk menangani persoalan ini. Ini lantaran komoditi satu menjadi penopang pendapatan asli masyarakat setempat.

“Kami organisasi Pegayuban Pemuda dan mahasiswa Teor pun berupaya menarik perhatian pemerintah daerah terkait dengan persoalan ini. Bahwa sesungguhnya proses sinergisitas adalah sebuah langkah yang objektif dan maksimal guna pencapaian solusi efektif dan konkrit demi menjawab kegelisaan Rakyat Teor Hari hari ini dimana mereka sedang berpikir tentang produksi tanaman kelapanya, mereka sedang berpikir tentang pendapatan yang di peroleh dari hasil produksi tanaman kelapa guna mendukung pendapatan mereka dikala beban kebutuhan perkapita yang terus dihadapi, “harap Kolatfeka.

Hama Siput Tosea atau dengan nama latin Tocea molucana adalah salah satu jenis hama yang sering menyerang daun tanaman kelapa khusus diwilayah pulau kecil. Sasaran hama ini adalah tanaman kelapa yang berada dipinggiran pantai. Hama siput Tosea melalukan aktifitas serangan terhadap daun kelapa terjadi pada sore hari sekitar jam 5 sampai 6 sore. Pada jam-jam tersebut Hama ini melakukan aktifitas bertelur pada helai daun kelapa.

Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk penanggulangan ini yakni, dengan cara manual dan cara cepat. Pertama, adalah dengan cara melakukan aktifitas pembakaran di areal lahan kebun kelapa tersebut. Hal ini guna mengganggu konsentrasi kegiatan Hama tersebut saat bertelur. Kedua, adalah cara sistematik menggunakan insektisida melalui pengeboran batang kelapa atau menyuntik batang kelapa dengan bahan insektisida. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top