Ekonomi

Perkembangan Ekonomi Digital Membantu Penyerapan Tenaga Kerja

Temu Responden

AMBON,MALUKU – Gubernur Bank Indonesia (BI)  Agus Martowardoyo, dalam sambutan pada acara Seminar Big Data, yang dikutip oleh Kepala BI Perwakilan Maluku Bambang Pramasudi, disebutkan, ekonomi digital yang berkembang saat ini, dapat membantu efisiensi di sektor ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Menurutnya, revolusi digital yang tengah berlangsung, apabila dimanfaatkan dengan optimal, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi  Indonesia sebesar tujuh persen per tahun. Adapun rata-rata pertumbuhan  ekonomi  dalam satu dekade  terakhir sebesar  5,64 persen.

“Potensi  ekonomi digital  sangat besar  didasarkan pada data  dan informasi jumlah pengguna internet Indonesia saat ini. Sebagai contoh, jumlah masyarakat   yang berbelanja  melalui internet  (online)di Indonesia , mencapai 24,74 juta orang ,”sebut Bambang Pramasudi,dalam sambutan pada acara  Temu Responden 2018,di Natsepa  Hotel  dan Conference Resort,Rabu (25/04/2018) .

Selain itu papar Pramasudi, setiap pengguna e-commerce di Indonesia rata-rata membelanjakan  Rp3juta per tahun. Aktifitas belanja online yang tinggi ini,sejalan dengan  keaktifan  orang Indonesia diberbagai media sosial.

“Ke depan, peran  ekonomi  digital terhadap perekonomian Indonesia akan semakin besar. Mengacu pada  kajian  McKinsey Imdonesia  pada tahun 2016,ekonomi digital diproyeksi  akan memberi nilai  tambah  sebesar  USD115 miliar atau setara  10 persen  dari Produk Domestik  Bruto  (PDB)  Indonesia pada tahun  2025.Teknologi digital juga dipercaya, akan membantu penyerapan  tenaga kerja hingga 4 juta orang di tahun 2025,”paparnya.

Diketahui, Temu Responden, BI Perwakilan Maluku menghadirkan narasumber antara lain, Josua Pardede selaku Economist PT. Bank Permata, dengan materi tentang perkembangan dan outlook ekonomi  2018 serta  perkembangan ekonomi digital.

Sementara itu, Sigit Aryo  Tejo  yang menjabat  Sales Director Modalku memaparkan materi terkait perkembangan finansial  teknologi melalui marketplace lending.

Juga, acara tersebut menghadirkan seluruh stakeholder dalam pemerintahan lingkup provinsi Maluku. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top