Kota Tual

Mewujudkan Pelayanan Terbaik, Pelabuhan Yos Soedarso Tual Terus Berbenah

Arifai

Tual,Maluku- Kepala Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan kelas ll Tual, Arifai, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, (19/4) mengatakan, telah mengajukan permohonan ke Kementerian Perhubungan, dan mendapatkan respon positif, guna perbaikan pembangunan pada bagian utara Terminal penumpang kapal dan penambahan panjang dan lebar dermaga, serta memprioritaskan lampu lampu penerangan pada area pelabuhan, termasuk pemakaian paving blok pada seluruh areal pelabuhan Yos Soedarso Kota Tual pada tahun 2018 ini.

“Untuk tahun 2018 ini, ada dua pekerjaan yakni penambahan pembangunan Kantor UPP, yang akan dibuat dua lantai, dan penambahan pada ruang tunggu guna menambah daya kapasitas tampung juga akan dipasang canopi pelindung penumpang dari cuaca hujan sehingga penumpang tidak akan kehujanan saat menuju ke Kapal,”Ungkapnya.

Dikatakannya untuk tahun 2019, dirinya telah mengajukan penambahan pelebaran dermaga bagian selatan dari yang semula 8 Meter menjadi 12 meter, kemudian dermaga pada bagian Utara kita rencanakan penambahan sekitar 73 meter.

“Kita berharap dalam waktu dekat ini DED, nya sudah keluar sehingga kita bisa memulai proses pekerjaan pada tahun 2019, termasuk pembenahan fasilitas bagian darat.”ungkapnya.

Selain fasilitas, menurut Arifai, yang menjadi kendala bagi UPP Kelas ll Tual, yakni pembebasan lahan yang hingga saat ini belum juga mendapatkan sertifikat atas pembebasan lahan areal pelabuhan, yang telah disetujui oleh pemerintah kota tual.

“Sudah ada instruksi dari Walikota saat masih aktif dan Plt Walikota saat ini untuk segera diserahkan sertifikat atas tanah areal pelabuhan yang telah dihibahkan. Namun hingga saat ini saya belum menerima sertifikat tersebut, karena masih tertahan pada Badan Pertanahan Nasional, (BPN) Malra.”terang Arifai.

Untuk sertifikat sampai saat ini belum kita dapatkan, dan itu bisa mengakibatkan seluruh perencanaan pembangunan dibatalkan karena yang paling penting ditanyakan oleh kementerian, yakni bukti sertifikat lahan.

Selain itu menurut Arifai di tahun 2019 akan dibangun dua pelabuhan, tipe model Pelabuhan Elat, yang terdapat di Desa Holat Kecamatan Kei Besar Utara Timur, dan di Desa Kaimear Kecamatan Pulau Pulau Kur Kota Tual.

Untuk itu Dirinya sangat mengharapkan, peran serta pemerintah di kedua daerah, dan masyarakat guna bersama sama membantu menyediakan lahan dan proses penyelesaiannya,”Harapnya.(IN-09).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com