Maluku Tenggara

KPU Selenggarakan Debat Terbuka Kandidat Bupati Dan Wakil Bupati Malra

Debat

Malra, Maluku – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar Debat Publik pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, dengan mengusung tema, peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Reformasi Birokrasi. Yang dipusatkan di balroom Kimson Hotel, (23/4/2018).

Ketua KPU, Engelberthus Dumatubun, saat membuka acara debat tersebut menyatakan, debat publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Malra adalah salah satu jenis kampanye yang difasilitasi oleh KPU. Sebagaimana dalam peraturan KPU nomor 4 pasal 20. isinya, debat publik atau debat terbuka antar Pasang calon diselenggarakan oleh KPU Provinsi maupun Kabupaten Kota dan disiarkan langsung oleh lembaga penyiaran publik atau lembaga penyiaran swasta.

“Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mengenal calon Bupati dan Wakil Bupati Malra. Mengetahui visi misi dan programnya sehingga dapat menentukan pilihan pada tanggal 27 nanti,” katanya.

“Kita inginkan Pilkada Malra 2018 ini bisa melahirkan pemimpin daerah yang memiliki komitmen tinggi untuk mensejahterakan rakyat dan memajukan daerah. Oleh karena itu, materi debat ini lebih ditujukan untuk langkah kongkrit dari setiap paslon yang ditawarkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambah Dumatubun.

Bagi masyarakat Malra, debat publik merupakan salah satu pendidikan politik, dimana rakyat dipersilakan merekam dan mencatat janji-janji yang disampaikan paslon. Visi misi dan program kerja yang ditawarkan disimpan, dan kelak dapat ditagih janji tersebut.

Dengan menghadirkan 3 panelis, diantaranya, Prof, Dr, Yohanis Ohoitimur. Guru besar filsafat, dan Rektor Universitas Katolik menado. Dr, Drs, Muhadam Labolo, A.Mpm, M,si. Deputi ekonomi khusus pada pusat kajian disentralisasi IPDN. Dan Drs, Benny Patiasina, MM, M,Sc, Ketua

Debat publik paslon Bupati dan Wakil Bupati dibagi atas beberapa segmen yakni, penyampaian visi misi, tanya jawab dan sanggahan, tanya jawab dan sanggahan tentang tema, pertanyaan yang akan diberikan oleh panelis dan closing statmen paslon.

Untuk menjaga keamanan selama berlangsungnya Debat Publik, pihak keamanan baik TNI Polri disiagakan baik diluar mapun di dalam gedung, dengan pemeriksaan cukup ketat.

Sebelum memulai debat Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Malra itu di minta untuk menyampaikan visi dan misi dimulai dari Paslon nomor urut 1 Angelus Renjaan dan Hamzah Rahayaan (AMANAH).

“Visi yang kami tawarkan adalah masyarakat Malra yang maju sejahtera dan religius dan demokratis dijiwai semangat Larvul Ngabal. Misi, menciptakan SDM, sehat cerdas, mewujudkan penataan ohoi, Tata kelola pemerintahan yang bersih, pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan infrastruktur. Kami berkomitmen untuk menuntaskan persoalan itu,”ucapnya.

Nomor urut 2 Eusebius Utha Safsafubun dan Abdurahman Matdoan (UTAMA) mengungkapkan, dengan sistim pemerintahan berkelanjutan maka dengan Visi, Terwujudnya masyarakat Malra sejahtera, dan misi, menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan melayani, meningkatkan SDM, membangun serta meningkatkan sarana infrastruktur publik, meningkatkan daya saing ekonomi daerah, mengembangkan kehidupan masyarakat yang religius beradat dan aman, meningkatkan kemampuan Pemerintahan Pembangunan dan masyarakat desa, (ohoi).

Paslon nomor urut 3 Muhamad Thaher Hanubun dan Petrus Beruatwarin (MTH-PB) mengusung  Visi, terwujudnya masyarakat Malra, yang mandiri demokratis dan berkeadilan, dan misi, mengoptimalisasi kinerja pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat, peningkatan SDM, pengembangan ekonomi masyarakat, pengembangan infrastruktur, daya saing dengan Kabupaten lain di Indonesia.

Debat dimulai pukul, 8, malam dan Berakhir pukul, 1,30 Pagi dengan aman dan tertib. (IN-09).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com