Pendidikan

Koorlantas Mabes Polri Gandeng IAIN Ambon, Jadi Agen Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

Seminar Police Gose To Campus

Ambon,Maluku-Mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas menjadi perhatian serius bagi Koordinator  Lalu Lintas (Koorlantas) Mabes Polri  melalui penerapan tahun keselamatan yang digalakan melalui seminar dan sosialiasi keselamatan lalu lintas bagi kalangan generasi muda sebagai pelopor utama keselamatan berlalu lintas.

Penerapan pelopor keselamatan berlalulintas ini yang dikemas oleh Dirlantas Polda Maluku bersama Koorlantas Mabes Polri melalui program Police Go To Campus yang berlangsung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Ambon, Kamis (12/4/2018).

Rektor IAIN Ambon, Dr Hasbulalah Toisuta,M.Ag dalam sambutannya, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Police Go To Campus yang diselenggarakn oleh Dirlantas Polda Maluku bersama Koorlantas Mabes Polri.

“ Selaku kampus yang menerapkan nilai-nilai keagaman bagi banyak orang, memberikan penyadaran terhadap masalah keselamatan berlalulintas, yang paling penting bagi element kampus dalam hal ini mahasiswa dan mahasiswi,bisa menjadi agen-agen penting dalam rangka mempelopori keselamatan dalam berlalu lintas.  Dari pada demo yang tak mempunyai makna yang berguna bagi bangsa dan negara, lebih baik menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” tutur orang nomor satu di IAIN Ambon itu.

Menurutnya, berkaitan dengan keselamatan berlalu lintas, acapkali jalan raya itu juga bisa menjadi sumber pembunuh,bila mana kita selaku pemakai jasa jalan tidak berhati-hati dalam proses menganggap keselamatan itu menjadi bagian penting dengan mengedari kendaraan yang tidak  dilengkapi dengan surat-surat dan sebagainya.

“ Kita bisa melihat, didaerah kita di Maluku,khusunya dikalangan pelajar SMA dan SMP dalam usia pertumbuhan menjadi remaja, mengemudikan sepeda motornya dengan tidak berhati-hati. Saya berharap kegiatan sosialisasi keselamatan kerja ini tidak hanya berhenti pada acara serimonialnya tetapi inti dari pelaksanaan ini adalah bagaimana Mahasiswa-Mahasiswi bisa direkrut oleh Dirlantas Polda Maluku untuk dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas bagi masyarakat Maluku. IAIN akan tampil bersama dengan Polda Maluku sebagai pelopor kerukunan di Maluku dalam menangkal semua ujarana-ujaran kebencian,tetapi juga dapat menjadi agen pelopor keselamatan bagi masyarakat,” ungkap Dr Hasbulalah Toisuta

DSC_0937Selain itu Koorlantas Mabes Polri Irjen Pol Royke Lumowa, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh  Kasubdit Dikmas Ditkamsel Koorlantas Mabes Polri, Kombes Pol Darto Juhartono, SH,MH, mengatakan  kegiatan Police Go To Campus adalah impelmentasi dalam rangka menujang program tahun keselamatan untuk kemanusiaan  2018.

“ Beberapa waktu yang lalu juga, Koorlantas Mabes Polri juga telah melounching tahun keselamatan untuk kemanusiaan yang sudah di Lounching oleh Wakil Presiden RI  tahun 2017.  Dan tahun 2018 melalui Kapolri kembali menyelengarakan tahun keselamatan bagi manusia,” ungkap Kombes Pol Darto Juhartono

Menurut Koorlntas Mabes Polri hal ini penting yang menjadi topic utama bagi Koorlantas Mabes Polri, mengingat angka kecelakaan  di Indonesia sudah sangat luar biasa signifikan. Kecelakaan lalu lintas terjadi tanpa melihat darimana suku, warna kulit dan  agama, umur, status sosial, siapapun dia bisa menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

“ Untuk itu, dalam rangka meningkatkan keselamatan berlalu lintas, Presiden RI melalui program pembangunan infrastruktur yang luar biasa melalui pembuatan jalan-jalan tol disetiap Provinsi yang ada di Indonesia, yang tentunya tak hanya menurunkan tingkat kemacetan di jalan saat arus mudik lebaran atau hari-hari  libur besar lainnya,namun juga dapat menurunkan tingginya kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia,” tutur Suhartono.

30689330_1840785569278055_3519464131268706304_nDijelaskan,dekade keselamatan sebagaimana yang telah menjadi target dari Koorlantas Mabes Polri  ditahun 2020 dapat menurunkan angka kecelakaan kematian akibat kecelakaan lalu lintas dari 50% yang bisa secara matematis dapat menyelamatkan kurang lebih 88.000 jiwa manusia. Tetapi sampai dengan tahun 2018 ini,semua jajaran Lantas Polri di seluruh Indonesia belum bisa mencapai target yang diharapkan. Sehingga menjadi kekahwahtiran dari jajaran Lantas Polri capainnya 50 % mungkin hanya bisa dicapai 10%.

“ Memang ditahun 2016 ke tahun 2017 kemarin ada sedikit penurunan jumlah jiwa yang meninggal akibat kecelakanaan lalu lintas . Akan tetapi menjadi sebuah kesulitan bagi jajaran Lantas Polri untuk berjuang menurunkan angka kecelakaan lalu lintas  seluruh wilayah Indonesia tanpa adanya agen-agen pelopor keselamatan berlalu lintas dari semua generasi muda di Indonesia. Mahasiswa adalah agen perubahan, oleh sebab itu melalui  program Police Go To Campus sebagi wujud dari dukungan Mahasiswa bersama dengan Kepolisian mewujudkan tertib berlalu lintas,” Tandasnya. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top