Maluku Tenggara Barat

Cuaca Ekstrim, Penyebab Habisnya Stock Beras Di MTB

Beras Langka

Ambon,Maluku- Anomali cuaca menjadi salah satu penyebab terjadinya kelangkaan stok beras  yang  terjadi di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) pada bulan Maret kemarin. Pasalnya sebagai provinsi Kepulauan factor cuaca yang tidak mendukung membuat proses pengiriman stok beras yang biasanya dibeli oleh Distributor pangan dari Provinsi Sulawesi Selatan (Makasar) dan Provinsi Jawa Timur (Surabaya), menggunakan kapal laut, menjadi terhalang hingga menyebabkan Masyarakat di Kabupaten MTB, sempat mengalami kehabisan beras di setiap Distributor.

Hal  ini diungkapkan Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus), Polda Maluku, AKBP, Firman Nainggolan, S.IK, yang ditemui Wartawan  di kantor Ditreskrimsus Polda Maluku, yang beralamat di Keluarahan Mangga, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Senin (2/4/2018).

“ Tidak ada unsur kesengajaan dalam kasus kelanggkaan beras di Kabupaten MTB, bulan Maret kemarin. Dimana berdasarkan laporan dari Tim Satgas Pangan Polda Maluku, yang turun di MTB, dua minggu sebelum terjadinya kelangkaan beras, telah melaporkan aktifitas Distributor yang telah melakukan pemesanan berasan yang didatangkan dari Makassar dan Surabaya, menggunakan Kapal Laut. Hanya saja terbentur dengan factor cuaca,hingga munculnya informasi kelangkaan  beras di Kabupaten MTB,”ungkap AKBP, Firman Nainggolan.

Dikatakan,untuk mengantisipasi kelangkaan beras di Kabupaten MTB, Ditreskrimus Polda Maluku melalui Tim Satgas Pangan, akhirnya berkoordinasi dengan pihak Bulog Divreg Wilayah Maluku-Maluku Utara, untuk meminta bantuan menyuplai stock beras yang ada di gudang penyimpanan di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) untuk dikirim distribusikan ke Kabupaten MTB yang bila ditempuh melalui laut jaraknya tidak terlalu jauh.

“ Informasi dan laporan dari Tim Satgas Pangan Polda Maluku yang masih berada di Kabupaten MTB, telah melaporkan kondisi stock beras di Kabupaten MTB telah kembali normal di pasaran yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat,”Ungkapnya.

Ditambahkan, untuk menghadapi kelangkaan beras yang ada dibeberpa Kabupaten di Maluku, jelang perayaan beberapa ivent nasional seperti, Pilkada dan juga Ibadah Puasa, Satgas Pangan  Ditreskrimsus Polda Maluku akan berkoordinasi dengan pihak Karantina, Balai Pemeriksa Obat Makanan (BPOM) Provinsi Maluku, Bulog Divreg Maluku-Malut, dan Dinas Perindustrian Provinsi Maluku untuk melakukan operasi pasar jelang ivent nasional tersebut. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com