Seram Bagian Timur

Buka Dialog Publik Hari Air Dunia, Bupati : Air Faktor Penting Bagi Kehiduapan Manusia

Dialog Publik

Bula,Maluku- Ketersedian air bersih merupakan faktor yang peling penting bagi kehidupan manusia. Selain dikonsumsi, air juga digunakan untuk menunjang aktifitas masyarakat sehari-hari. Untuk itu, masyarakat dihimbau agar menjaga dan melestarikan sumber air yang ada.

Hal ini disampaikan Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya saat membuka kegiatan dialog publik Hari Air Dunia (World Water Day) yang digelar Lembaga Kalesang Lingkungan Maluku bekerja sama dengan Balai Sungai Wilayah Maluku di aula balai Desa Englas Kecamatan Bula Kabupaten SBT pada Sabtu (7/4/2018).

“Karna ketersedian air bersih merupakan faktor yang paling penting bagi kehidupan masyarakat untuk itu, Masyarakat harus bisa menjaga lingkungannya dengan baik dengan tidak melalukan penebangan kemudian harus menjaga kelestarian, “ungkap bupati.

Dikatakan, debit air yang layak dikonsumsi manusia dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Sementara, kebutuhan konsumsi air terus mengalami peningkatan. Untuk itu, dia menghimbau masyarakat bersama stakholder terkait harus benar-benar menjaga lingkungan terutama yang bisa menunjang peningkatan debit air.

“Ini bagian dari upaya kita menjaga untuk kelangsungan generasi kita kedepan. Karna Air bersih sudah mulai mengalami kekurangan untuk itu, kita mencoba membenahi lingkungan dan ini bagian dari upaya kita secara bersama-sama baik itu masyarakat, Pemerintah daerah dan stakholder-stakholder yang lain, “harap Keliobas.

Menurut orang nomor satu di SBT ini, peringatan hari air dunia yang dilaksanakan setiap tanggal 23 Maret itu merupakan momentum untuk mengingatkan semua pihak agar menjaga air secara efektif.

“Momentum ini juga mengingatkan agar kita tidak lupa melakukan upaya untuk menjaga kelestarian sumber air sebagai penunjang kehidupan manusia, “katanya.

Kegiatan dialog publik yang digelar atas kerjasama Lembaga Kalesang Lingkungan Maluku bekerjasama dengan balai sungai Maluku dan sejumlah pihak. Selain dihadiri bupati SBT, kegiatan dialog publik itu juga dihadiri ketua DPRD SBT, Agil Rumakat, kepala balai sungai Maluku, Hariyono Utomo, perwakilan dinas PUPR provinsi Maluku dan dinas Lingkungan Hidup provinsi Maluku serta toko masyarakat dan toko pemuda dikabupaten SBT. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top