Seram Bagian Timur

Bentuk PDAM, Pemda SBT Komitmen Berikan Pelayanan Air Bersih Ke Warga

PDAM SBT

Bula,Maluku- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terus berkomitmen memberikan pelayanan air bersih yang layak bagi warganya didaerah itu. Komitmen ini ditandai dengan dibentuknya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Keberadaan lembaga ini akan menjadi wadah untuk pengelolaan air bersih didaerah itu.

“Kita tetap memiliki komitmen untuk memberikan air bersih yang layak konsumsi bagi masyarakat dikabupaten Seram Bagian Timur. Karna ketersedian air bersih merupakan faktor yang paling penting bagi kehidupan masyarakat. Untuk itu, Pemerintah daerah bersama DPRD telah menetapkan peraturan daerah tentang pembentukan PDAM, “kata bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas kepada wartawan usai membuka dialog publik Hari Air Dunia (World Water Day) tahun 2018 yang digelar Lembaga Kalesang Maluku wilayah SBT diaula desa Englas kecamatan Bula, Sabtu (7/4/2018).

Selain menjadi wadah pengelolaan air bersih, upaya Pemerintah daerah untuk membentuk PDAM agar lembaga ini bisa konsen menangani permasalahan air bersih yang terjadi disejumlah wilayah dikabupaten Berjuluk “Ita Wotu Nusa” itu.

“Upaya kita untuk harus membentuk lembaga ini agar konsen untuk menyelesaikan masalah air bersih dikabupaten Seram Bagian Timur dan ini yang harus kita lakukan, “ungkap Keliobas.

Ketersedian air bersih yang layak merupakan salah satu kebutuhan utama konsumsi masyarakat. Dikabupaten SBT sendiri, sejumlah desa saat ini masih mengalami krisis air bersih. Untuk membangun Sistem Penyedian Air Minum (SPAM), Pemda setempat melalui instansi teknis sering mengalami kesulitan menemukan debit air yang cukup. Untuk itu perayaan hari air dunia yang diisi dengan dialog publik itu merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat agar melestarikan lingkungan terutama menjaga sumber-sumber air yang ada.

“Masyarakat harus bisa menjaga lingkungannya dengan baik dengan tidak melalukan penebangan kemudian harus menjaga kelestarian. Ini bagian dari upaya kita menjaga untuk kelangsungan generasi kita kedepan. Karna Air bersih sudah mulai mengalami kekurangan untuk itu, kita mencoba membenahi lingkungan dan ini bagian dari upaya kita secara bersama-sama baik itu masyarakat, Pemerintah daerah dan stakholder-stakholder yang lain, “himbau Keliobas. (IN-17)

 

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com