Maluku

27 Wajah Baru, Mendaftar Sebagai Balon Senator RI

DPD-RI-

AMBON,MALUKU –  Secara resmi,disamping pembukaan pendaftaran bakal calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dengan sistem online , namun penerimaan dan penyerahan berkas pun , telah dibuka mulai dari tanggal 9 April hingga 21 Juni 2018,oleh KPU Maluku didampingi oleh Bawaslu Maluku, untuk pemilihan calon anggota DPD RI 2019 mendatang.Diketahui, telah mencapai 31 orang dari daerah pemilihan provinsi Maluku.

Pantauan INTIM NEWS, Selasa (24/04/2018),dari data yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku,  sudah sebanyak 31 balon yang mengambil User dan pasword untuk mengisi jumlah minimal dukungan suara di aplikasi KPU,  sebagai syarat lolos untuk calon DPD RI 2019 mendatang .

Dan 31 orang yang telah terdaftar sebagai bakal calon DPD RI dari Maluku itu,terdapat 27 bakal calon dengan wajah baru  dan empat sisanya masih menjabat sebagai Anggota DPD RI. Secara rinci mereka diantaranya,  Ahmad Bilal Tuhulele,  Mirati Dewaningsih,  Cosmas Refrap, Zulkarnaen Awat Amir,  Muh. Ahmad Sofyan Kelian, Ikhsan Tualeka,  Jhon Pieris, Ongkie Anakoda,  Everd Herman Karmite.

Juga, Angelina Pattiasina, Djunaidi Rupellu,  Bitzael Silvester Temmar,  Josua Yoltuwu,  Eddy Sambuaga,  Hendrik Koedoeboen,  Muh Suhfi Majid, Lutfi Sanaky,  Elvis Carles Lahallo,  Joseph Sikteubun,  Zidik Sangadji,  M.  Barkah Pattimahu, Masbansah Sangadji,  Freddi Latimahina,  Muhammad Yasir Kaisuku,  dan Antoni Hatane,  Herman Hattu,  John Geoerge Tupamahu,  Musyafi Rumadan.

Sementara itu, keempat wajah lama yakni Anna Latuconsina, Nono Sampono, Novita Anakotta dan John Pieris. Komisioner KPU Maluku Almudatsir Sangadji yang diwawancarai kemarin mengaku,  sebanyak 31 balon DPD RI dari Maluku yang telah mengambil User dan password Aplikasi KPU, untuk memasukkan jumlah syarat minimal dukungan sesuai waktu yang telah ditetapkan.

“Sebelum menyerahkan berkas pencalonan, dari 31 orang yang telah mengambil password itu,  terlebih dulu mereka harus memasukan jumlah minimal dukungan didalam aplikasi tersebut, minimal 2.000 dukungan KTP dengan sebaran di enam kabupaten /kota , paling lambat tanggal 21 April 2018 sekitar pukul 24.00 Wit,” paparnya.

Menurutnya,  setelah memasukan jumlah syarat minimal dukungan didalam aplikasi KPU,  baru bisa masuk dalam proses selanjutnya,  yakni proses penyerahan berkas dukungan yang telah dijadwalkan yakni,  mulai dari tanggal 22 April 2018 hingga 26 April 2018.

“Tahap pertama yakni, memasukan jumlah dukungan ke dalam aplikasi KPU,  kemudian pada tanggal 22 sampai 26 April pukul 24.00 Wit itu, kami akan buka proses penyerahan dokumen pencalonan,  dimana para calon harus  membawa semua dukungan mereka sesuai dengan yang telah mereka masukan kedalam aplikasi tadi, “sebutnya.

Dalam proses penyerahan dukungan jelasnya,  para balon diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan terhadap, jumlah minimal syarat dukungan yang dimiliki selama proses penyerahan, sesuai waktu yang telah ditetapkan.

” Selama waktu penyerahan balon bisa melakukan perbaikan.  Perbaikan berupa pencocokan data yang ada didokumen saat penyerahan dan yang telah dimasukan kedalam aplikasi,  asalkan,  jumlah dukungan telah mencapai syarat minimal dukungan yakni 2000 KTP atau KTP  Elektronik (E-KTP),  jelasnya.

Diterangkan lebih lanjut, proses selanjutnya,   setelah melewati tahap penyerahan dokumen berkas Pencalonan,  kemudian pihaknya akan masuk dalam proses verifikasi administrasi, dimana semua data akan dilihat secara detail.

“Penutupan proses penyerahan dokumen Pencalonan ini tanggal 26 April 2018,  dan kami akan lanjutkan dengan proses Verifikasi Administrasi kemudian setelah selesai baru akan dilanjutkan kembali ketahap verifikasi vaktual,  baru bisa ditetapkan sebagai calon DPD RI 2019 mendatang, “tutur Almudatsir . (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com