Maluku Tenggara

Tim Supervisi Pamatwil Mabes Polri, Sambangi Kota Tual dan Malra.

Polisi Di Tual

Tual,Maluku- Atas instruksi Kapolri Jendral Tito Karnavian, Markas Besar Kepolisian Indonesia menurunkan tim Supervisi pemantau wilayah (Pamatwil) untuk meninjau langsung kesiapan pengamanan serta proses pelaksanaan Pilkada di kota Tual dan Kabupaten Malra. Peninjauan secara berkala yang di lakukan Mabes Polri, perihal status daerah di kota Tual di klasifikasi sebagai rawan 1 pilkada. Selain itu, untuk melihat Polres yang membawahi dua wilayah Tual dan Malra, sebagai panitia pengamanan dalam tiga event pilkada Gubernur, Walikota, Bupati, yang dilakukan secara serentak pada Juni mendatang.

Kunjungan dimulai dengan pertemuan terbuka antara tim Supervisi Mabes Polri yang di pimpin oleh Kombes Pol Setiabudi dengan panitia penyelenggara pemilu, dalam Hal ini Polres Malra, Kodim 1503 Tual, Panwas kota dan Kabupaten Malra serta KPU kota Tual dan Kabupaten Malra yang dipusatkan di aula Polres Malra.

Usai pertemuan Tim supervisi didampingi kapolres Malra AKBP Indra Fadilla Siregar melakukan kunjungan ke KPU kota Tual untuk melihat kesiapan selaku penyelenggara.

Kepada wartawan disela sela kinjungan, ketua tim Supervisi Kombes Pol Setiabudi, mengatakan kunjungan yang dilakukan untuk memberikan asistensi kepada penyelengara, serta masyarakat, agar pelaksanaan pilkada berjalan lancar.

“Maksud kedatangan kita adalah untuk memberikan asistensi sesuai perintah Kapolri Jendral Tito Karnavian, agar pelaksanaan Pilkada bisa berjalan sesuai dengan ketentuan sehingga prosesnya sukses tanpa permasalahan, karena fungsi tim ini adalah untuk mengurai kerawanan”jelasnya.

Terkait status rawan satu pilkada yang di tetapkan untuk kota Tual, lanjut Setiabudi, ada ciri ciri khusus sehingga diklasifikasikan sebagai daerah dengan tingkat kerawanan tinggi.

“Untuk pelaksanaan pilkada secara keseluruhan, Maluku termasuk daerah yang rawan, karena mempunyai ciri ciri tersendiri yang dapat di klasifikasikan bahwa Maluku menjadi daerah yang harus mendapatkan penanganan yang cukup serius terkait permasalahan di pengamanan pilkada,”tandas Setiabudi.

Menurutnya kunjungan berkala yang di lakukan tim dari mabes Polri adalah sebuah langkah untuk mengatasi permasalah tersebut dan menghasilkan pemilu yang berhasil.

Sementara itu Kapolres Malra AKBP Indra Fadilla Siregar, kepada wartawan usai kunjungan, mengatakan kunjungan tim Mabes Polri untuk membackup, mensupervisi, mengawasi sekaligus memberikan arahan arahan terkait dengan pelaksanaan pilkada.

Disamping itu, tim akan medapat laporan dari Polres Malra terkait situasi kamtibmas pada proses penyelengaraan Pilkada.

“Dalam kunjungan ini anggota dihimbau untuk memperhatikan prosedural tata cara pengamanan pilkada, selain itu tim ini juga melakukan pendekatan dengan seluruh lapisan masyarakat, para paslon, instansi terkait, serta panitia pelaksana untuk bersama sama berkomitmen menjaga situasi kamtibmas dalam pilkada hingga selesai,”ujarnya.

Hadir dalam pertemuan terbuka tersebut, Tim supervisi Pamatwal yang terdiri dari Kombes Pol Setiabudi, Kombes Pol. Tjayono Prawoto, AKBP Harso Setyoboedimumpuni, Kompol, Dedy Dwitya Putra, serta Kapolres Malra AKBP Indra Fadilla Siregar, Forkopimda, Pimpinan Komisi KPU, Panwas Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara. (IN-09).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com