Hukum & Kriminal

Polisi Bongkar Sindikat Ranmor Kota Ambon, 2 Residivis Diamankan

Barang Bukti Ranmor Res Ambon1

Ambon,Maluku- Maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor (Ranmor) milik Warga Kota Ambon, membuat pihak Kepolisian Polres P.Ambon dan Pp.Lease terus melakukan pengejaran terhadap komplotan sindikat pencurian sepeda motor.

Hal ini terbukti dengan ditangkapnya 3 orang tersangka pencurian sepeda motor milik warga Kota Ambon, oleh personil gabungan Buru Sergap (Buser) Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease, Jumat (16/3/2018),di beberapa tempat di Kota Ambon.

“Untuk tiga tersangka pencurian sepeda motor yang berhasil dibekuk oleh personil gabungan Buser Satreskrim Polres P.Ambo. dan Pp.Lease,masing-masing berinisial, F.J alias R (26 tahun),warga Batu Gantung Ganemo RT. 2 RW. 4, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Z.P alias K (20 tahun), pekerjaan Montir Bengkel, yang tinggal di Ruko Batu Merah Bengkel dekat Terminal Mobil Ambon-Bula, A.O alias A (30 tahun), pekerjaan Montir, alamat Ruko Batu Merah, Bengkel dekat Terminal Mobil Ambon-Bula. Ketiga tersangka yang diamankan dua diantaranya mantan rasidivis yang pernah ditangkap dan dipidanakan dalam kasus pencurian sepeda motor yaitu, tersangka F.J alias R, yang baru keluar dari Lapas pada akhir Desember 2017, dan tersangka Z.P.alias K, pernah diamankan juga untuk kasus yang sama dan diserahkan ke Penyidik karena saat itu status masih dibawah umur,” ungkap Kasat Reskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease,AKP Teddi,SH,S.I.K, kepada Wartawan diruangan kerjanya, Senin (19/3/2018).

Dijelaskan,untuk ketiga tersangka yang diamankan teregister dalam laporan polisi masing-masing,untuk tersangka F.J alias R dengan laporan polisi nomor: LP/ 77/II/2018/Maluku/Res Ambon, tanggal 7/3/2018,  untuk tersangka Z.P alias K, dengan laporan polisi nomor: LP/ 162/III/2018/Maluku/Res Ambon, tanggal 16/3/2018, dan tersangka Z.P.alias K,dengan laporan polisi nomor: Lp 164/III/2018/Maluku/Res Ambon, tanggal 16/3/2018.

Kronologi penangkapan terhadap ketiga tersangka berawal dari adanya informasi yang diterima oleh Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Leaae, Kamis (15/3/2018), sekitar pukul 23.00 WIT dari seorang Cepu (Informan ), tentang ada salah terduga tersangka pencurian motor, yang akan melakukan aksi pencurian Kendaraan bermotor.

Menindak lanjuti informasi itu, personil Buser Polres Ambon langsung menyebar untuk memonitor titik-titk rawan yang sering terjadi aksi Pencurian kendaraan bermotor. Anggota personil gabungan Buser Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease, yang sempat tersebar dibeberapa titik tidak mendapat ketiga tersangka.

Polisi pun mendapat informasi lanjutan tentang keberadaan ketiga tersangka.  Ketiga tersangka yang hendak dibekuk polisi sedang menjalankan aksinya melakukan curanmor jenis Yamaha merk Jupiter Z., warna merah, yang berada di daerah Mangga Dua.

Sepeda motor yang berhasil dicuri oleh ketiga tersangka itu,bibawah kabur dan diparkir di depan tempat penjualan ikan asar, di Galala. Kemudian oleh tersangka Z.P alias K, motor curian mereka kemudian dibawa ke salah satu bengkel yang ada di Galala, dekat SMP 3. Guna mengkamuflase motor curiannya, tersangka Z.P alias K menitipkan motor curiannya itu di bengkel untuk  diambil oleh tersangka F.J alias R.

“Saat tersangka F.J alias R, yang saat itu hendak mengambil motor hasil curian tersebut di bengkel Galala, oleh gabungan Resmob Comunity (Buser Polres Ambon) ,langsung membekuk tersangka F.J alias R dan mengamankan bersama satu unit sepeda motor jenis Yamaha  merk Jupiter Z. Dari hasil interogasi terhadap tersangka F.J alias R, didapati informasi bahwa motor tersebut di curi di daerah Mangga Dua bersama tersangka Z.P aluas K dan tersangka A.O alias A,”tutur AKP Teddi.

Dikatakannya,setelah berhasil mengamakan tersangka F.J alias R,selang beberapa jam kemudian sekitar pukul 18.00 WIT,personil gabungan Buser Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease kembali menangkap 2  tersangka lainnya yaitu,tersangka Z.P alias K dan tersangka A.O alias A yang ditangkap di lokasi pasar lama,Desa Batu Merah Ambon.

Dari hasil interogasi terhadap kedua tersangka yang diamankan di lokasi pasar lama, keduanya mengakui ,melakukan aksi lencurian kendaraan bermotor milik warga Kota Ambon dibeberapa, tempat seperti di daerah BTN Manusela, Kebun Cengkeh, Kelurahan Batu Merah, Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe dan di beberapa tempat di dalam Kota Ambon.

” Dari keterangan ketiga tersangka yang berhasil diamankan oleh personil gabungan Buser Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease berhasil mengamankan beberapa barang bukti berupa 3 buah unit sepeda motor masing-masing, jenis Honda Sonic warna merah putih, motor jenis Yamaha merk VG R, motor jenis Yamaha merk Jupiter MX,yan berhasil diambil oleh personil gabungan Buser Satreskrim di rumah salah warga Poka, Daerah Perumnas, dekat kompleks PGSD,Unpatti,Kecamatan Teluk Ambon,Kota Ambon,”Ucapnya

Lanjutnya,tidak hanya mengamankan barang bukti 3 unit sepeda motor,berdasarkan pengembangan dan pengakuan dari tersangka F.J alias R, mengakui aksi pencurian sepeda motor milik warga Kota Ambon dilakukannya setelah terbebas dari lembaga pemasyarakat (Lapas), kelas II Ambon sekitar akhir bulan Desember 2017, yang dilakukannya sebanyak 6 kali dibeberapa tempat didalam Kota Ambon seperti, TKP lorong dekat kantor Pemadam Kebakaran, Kota Ambon pada bulan Februari 2018, dengan motor yang berhasil dicuri jenis motor Yamaha MX merk King, TKP,dekat lorong Karaoke X-Nine pada Bulan Februari 2018, jenis motor Yamaha Mio IM 3, TKP lorong Swalayan Indo Jaya, pada Bulan Januari 2018, dengan jenis Motor Yamaha Mio.J. Barang bukti 3 motor tersebut hingga kini masih berada disalah satu warga Kairatu,Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), berinisial N.T.

TKP Lapangan Merdeka pada Bulan Januari 2018 Jenis Motor Yamaha Mio.J, Barang buktinya dijual oleh tersangka kepada salah seorang warga Benteng Karang,Kecamatan Baguala. TKP Batu Gantung Ganemo pada Bulan Maret 2018 sekitar satu minggu yang lalu,dengan jenis motor Honda merk Revo. Barang bukti tersebut , dijual oleh tersangka kepada salah seorang warga berinisial H.T yang kini telah membawa barang bukti pulang ke  Desa Adodo, Kabupaten Malulu Tenggara Barat (MTB). TKP Mangga Dua pada Jumat (16/3/2018), jenis motor Yamaha Vega ZR warna merah, Barang bukti kini telah diamankan di Polres P.Ambon dan Pp.Lease.

” Berdasarkan pengakuan dari tersangka Z.P.alias K dan tersangka A.O alias A, keduanya mengakuo melakukan aksi pencurian sepeda motor milik.warga sebanyak 2 kali, yaitu, TKP BTN Manusela pada, Rabu (14/3/2018), dengan barang bukti berupa jenis motor Honda merk Sonic warna Merah Putih, yang saat ini sudah diamankan di Polres Ambon. TKP Mangga Dua pada, Jumat (16/3/ 2018),dilakukan oleh ketiga tersangka secara bersama-sama. Saat ini ketiga tersangka sudah diserahkan ke Penyidik Unit Ranmor Sat Reskrim Polres Ambon untuk menjalani proses pemeriksaan,”Pungkasnya

Dikatakannya,dari hasil pemeriksaan kepada ketiga tersangka yang kini telah diamankan di Rutan Polres P.Ambon dan Pp.Lease, mengakui telah melakukan pencurian sepeda motor milik warga Kota Ambon,sebanyak 15 unit sepeda motor.

” 15 unit sepeda motot yang dicuri oleh ketiga tersangka, 7 unit motor berhasil diamankan oleh personil gabungan Buser Satreskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease. Dan 8 Unit motor lainnya hingga kini masih dalam lidik Unit Buser Polres P.Ambon dan Pp.Lease. Ketiga tersangka yang kini ditahan disangkakan dengan pasal 365 ayat (4), dan (5) KUH Pidana dengan anvaman hukuman maksimal 9 tahun penjara,” Tandasnya. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com